Tanpa Label Sehat, Jutaan Kg Daging Sapi Ditarik dari Peredaran

Tanpa Label Sehat, Jutaan Kg Daging Sapi Ditarik dari Peredaran
Tanpa Label Sehat, Jutaan Kg Daging Sapi Ditarik dari Peredaran

jpnn.com - PETALUMA - Sebuah perusahaan pengolahan daging asal California di Amerika Serikat, Rancho Feeding Corp. menarik kembali 8,7 juta pound atau 3.941.100 kilogram daging sapi dari peredaran. Penyebabnya, ribuan ton daging yang sudah terlanjur diedarkan itu tanpa didahului pemeriksaan oleh pejabat kesehatan hewan lebih dahulu.

Penarikan dilakukan karena ada kekhawatiran daging itu  mengandung penyakit yang bisa membahayakan kesehatan manusia. Daging yang ditarik sama dengan jumlah produksi daging selama setahun oleh Rancho Feeding Corp.

Rancho Feeding Corp sudah beberapa bulan ini dalam pengawasan ketat Badan Pemeriksa dan  Pengawas Kesehatan Pangan Amerika Serikat (USDA Food Safety and Inspection Service/FSIS). Sebab, bulan lalu perusahaan itu diketahui mengedarkan secara tak sah 40 ribu pound atau 18.120 Kg daging sapi tanpa label sehat konsumsi.

Deperti dikutip dari laman huffingtonpost, Senin (10/2), jutaan kilogram daging yang ditarik dari peredaran itu merupakan hasil olahan selama periode 1 Januari 2013 hingga 7 Januari 2014. Selanjutnya, daging olahan itu didistribusikan ke toko-toko yang ada di negara bagian California, Florida , Illinois, dan Texas. Bagian daging sapi yang ditarik mulai buntut, hati, lidah, dan tulang.

Walau daging itu telah ditarik dari peredaran, namun FSIS belum memperoleh laporan tentang adanya konsumen yang terinfeksi penyakit akibat mengonsumsi daging olahan produksi Rancho Feeding Corp. Penarikan dilakukan karena FSIS tak mau berisiko sebab daging dapat disimpan selama beberapa tahun dalam kondisi beku.(pra/jpnn)

 


PETALUMA - Sebuah perusahaan pengolahan daging asal California di Amerika Serikat, Rancho Feeding Corp. menarik kembali 8,7 juta pound atau 3.941.100


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News