Tapsel Produksi Emas 6 Ton Pertahun

Tapsel Produksi Emas 6 Ton Pertahun
Tapsel Produksi Emas 6 Ton Pertahun
MEDAN- Eksplorasi emas di pertambangan Batangtoru oleh PT Agincourt Resources di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Pasalnya, megaproyek pertambangan yang diperkirakan memiliki cadangan emas dan bisa dieksplorasi hingga enam tahu itu, menjanjikan keuntungan sangat besar.

Dari kapasitas produksi 6 ton per tahun, dari Batangtoru akan dihasilkan emas senilai Rp 3 ribu triliun dipotong biaya investasi dan produksi, dua kali lipat APBN 2011 yang mencapai Rp1.229,5 triliun. Bila produksi stabil hingga 6 tahun, nilainya mencapai Rp36 ribu triliun. Nilai 3 juta triliun dihasilkan dari perhitungan harga emas batangan dengan asumsi Rp500 ribu per gram.

Menurut Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Kadistamben) Sumut, Untungta Kaban, kehadiran PT Agincourt memberi pencerahan bagi Sumut dan daerah di sekitarnya. Selain keuntungan royalty maupun saham untuk daerah dan pemerintah pusat yang nilainya triliunan rupiah, akan ada lapangan kerja baru yang diharapkan menampung pekerja lokal.

MEDAN- Eksplorasi emas di pertambangan Batangtoru oleh PT Agincourt Resources di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), diharapkan dapat meningkatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News