Target Raup Investasi USD 2,5 Miliar

Target Raup Investasi USD 2,5 Miliar
Target Raup Investasi USD 2,5 Miliar
JAKARTA - Industri berbasis elektronika dinilai sangat potensial karena mampu menyumbang pertumbuhan investasi yang signifikan. Dalam lima tahun ke depan, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan investasi yang dikucurkan untuk industri elektronika bisa menembus USD 2,5 miliar.

Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kemenperin Budi Darmadi mengatakan, industri yang berkembang di tanah air memang beragam, mulai otomotif sampai elektronika. Menurutnya, industri yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi adalah yang berbasis teknologi. "Karena itu, pertumbuhan industri elektronika sepanjang 2010-2014 ditargetkan mencapai 9 persen, lebih tinggi dari saat ini yang masih 8,5 persen," katanya.

Dia menambahkan, target investasi sebesar USD 2,5 miliar terbagi untuk lima tahun ke depan. Akan tetapi, target tersebut belum termasuk investasi industri komponen. Dia juga menguraikan, rata-rata investasi industri elektronika khusus perakitan bisa menyentuh Rp 500 juta per tahun.

Angka itu belum termasuk investasi sektor komponen yang rata-rata sebesar Rp 300 juta per tahun. Artinya, total investasi mencapai Rp 800 juta per tahun. "Dalam 2-3 tahun ke depan juga akan ada investasi di sektor komponen dari Korea dan Jepang," ungkapnya.

JAKARTA - Industri berbasis elektronika dinilai sangat potensial karena mampu menyumbang pertumbuhan investasi yang signifikan. Dalam lima tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News