Target UKP-PIP Segera Dirumuskan

Target UKP-PIP Segera Dirumuskan
Moh Mahfud MD usai dilantik sebagai anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (7/6). Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof Mahfud MD mengatakan, dewan pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) bertugas membantu presiden dalam merumuskan kebijakan di bidang ideologi negara.

Dalam implementasinya, kebijakan tersebut dikerjakan UKP-PIP yang melakukan sosialisasi ke masyarakat. Tujuannya bagaimana Pancasila dihidupkan di hati masyarakat.

"Kami bekerja untuk membangun kesadaran kembali. Kesadaran kita kan sudah mulai agak hilang. Sejak zaman reformasi itu kesadaran akan Pancasila, akan konstitusi sesuai dengan yang dikehendaki pendiri negara, itu kan sudah mulai berkurang, bahkan sudah mulai digerogoti," ujar Mahfud di Istana Negara, Rabu (7/6).

Karena itu, sudah menjadi tugas utama UKP-PIP untuk membangun kembali kesadaran masyarakat tentang bagaimana Pancasila dan UUD 1945 yang diwariskan pendiri bangsa, bisa dilaksanakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Targetnya nanti akan dirumuskan," ujar tokoh kelahiran Sampang, Madura. (fat/jpnn)

 

 


Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof Mahfud MD mengatakan, dewan pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) bertugas


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News