Tasikmalaya Dilanda 20 Kali Bencana Alam Sejak Awal Desember

Tasikmalaya Dilanda 20 Kali Bencana Alam Sejak Awal Desember
Rumah warga terdampak bencana alam di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Foto: ANTARA/BPBD Kabupaten Tasikmalaya

jpnn.com, CIANJUR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, menyebutkan, sejak awal memasuki musim hujan akhir tahun 2019 sudah tercatat sebanyak 20 kejadian bencana alam melanda sejumlah daerah dan menimbulkan kerugian materi di Tasikmalaya.

"Sejak awal Desember 2019 terjadi 20 kejadian bencana alam di wilayah Tasikmalaya," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya Wawan R Efendi kepada wartawan di Tasikmalaya, Kamis (12/12).

Ia menuturkan, Kabupaten Tasikmalaya sudah memasuki musim penghujan sehingga perlu meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya beberapa ancaman bencana alam.

Kejadian bencana alam yang sering terjadi di Tasikmalaya, kata dia, di antaranya angin puting beliung, banjir, dan tanah longsor di sejumlah kecamatan.

"Potensi bencana tinggi jadi kalau sudah hujan kita selalu siaga," katanya.

Ia menyampaikan, BPBD Tasikmalaya telah melakukan berbagai upaya termasuk sosialisasi kepada masyarakat untuk meminimalisasi risiko dampak dari bencana alam.

Masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana alam, kata Wawan, sebaiknya mengungsi ke tempat yang aman ketika turun hujan deras dan berlangsung lama.

"Kalau hujan dengan intensitas tinggi dan lama sebaiknya mengungsi untuk mencegah terjadinya korban jiwa," katanya.

Sejak memasuki musim hujan akhir tahun 2019 sudah tercatat sebanyak 20 kejadian bencana alam melanda sejumlah daerah di Tasikmalaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News