Tausiah Habib Jafar Hingga Pentas Seni Muslim Xinjiang Meriahkan Festival Hijriah di BCC

Tausiah Habib Jafar Hingga Pentas Seni Muslim Xinjiang Meriahkan Festival Hijriah di BCC
Pertunjukan pentas seni dan budaya Muslim Xinjiang China dalam Festival Hijriah yang digelar di Bekasi Convention Center (BCC), Kota Bekasi, Senin (24/7) malam. Foto: Dean Pahrevi/JPNN.com

jpnn.com, BEKASI - Pertunjukan pentas seni dam budaya Muslim Xinjiang China memeriahkan Festival Hijriah yang digelar di Bekasi Convention Center (BCC), Kota Bekasi, Senin (24/7) malam.

Festival yang dipersembahkan Republika dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah itu juga diisi tausiah dari Habib Husein Jafar Al Hadar atau Habib Jafar.

Pelaksana tugas Wali Kota Bekasi Tri Adhianto pun turut hadir dan membuka Festival Hijriah tersebut. 

Menurut Tri, Festival Hijriah bisa menjadi momentum mempererat persaudaraan antarmuslim di Indonesia dan internasional. 

"Festival Hijriah ini merupakan festival yang penuh dengan keberkahan," kata Tri saat membuka kegiatan tersebut.

Adapun Festival Hijriah digelar di sembilan kota, yakni Jakarta, Depok, Bekasi, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya pada 19 Juli-10 Agustus 2023.

Habib Jafar mengatakan animo Festival Hijriah di Bekasi sangat tinggi dan sungguh terlihat keragamannya.

Menurut Habib Jafar, warga yang menghadiri festival sangat beragam, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

"Jadi, keragaman usianya sih yang paling kelihatan dari Bekasi dan kemudian antusiasmenya ketika tadi mendengar ceramah saya dan nonton pentas seni dari Muslim Xinjiang mereka antusias sekali," ujar Habib Jafar.

Habib Jafar menjelaskan bahwa adanya Festival Hijriah memiliki tujuan agar tradisi peringatan dan perayaan tidak hanya untuk tahun baru masehi, tetapi tahun baru hijriah.

"Kami ingin jadi peringatan untuk mengingat kembali setahun ini apa yang perlu kami perbaiki, apa yang perlu kami tingkatkan, dan apa yang perlu kami pertahankan," ujar Habib Jafar.

"Kemudian perayaan karena kita diajarkan oleh Al Quran, "atas segala karunia dan rahmah yang diberikan Allah kepada kita, berbahagialah". Satu tahun ini kita yakin banyak karunia dan rahmah yang diberikan Allah kepada kita," sambung Habib Jafar. (cr1/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Pertunjukan pentas seni dan budaya Muslim Xinjiang China memeriahkan Festival Hijriah yang digelar di Bekasi Convention Center (BCC), Kota Bekasi, Senin.


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News