Taylor Swift Gabung Universal

Taylor Swift Gabung Universal
Taylor Swift. Foto: Instagram

jpnn.com - Di industri musik dunia, nama Taylor Swift sangatlah besar. Dia punya pengaruh yang sangat kuat. Sebuah ikon. Maka, ketika dia memutuskan pindah label, itu menjadi perbincangan. Karena pasti ada efek yang muncul dari keputusannya itu.

Setelah sebulan berstatus free agent (karena kontraknya dengan label sebelumnya, Big Machine Records, berakhir), Swift tiba-tiba mengunggah foto bareng dua petinggi Universal Music Group (UMG) -CEO UMG Lucian Grainge dan CEO Republic Records, anak perusahaan UMG, Monte Lipman- pada Senin (19/11) waktu setempat di Instagram.

"Dengan gembira, aku mengumumkan Republic Records dan Universal Music Group bakal menjadi 'rumah' musikku," tulisnya.

Pelantun Delicate itu menjelaskan, Grainge dan Lipman sudah bekerja sama dengan baik selama bertahun-tahun dan tidak perlu diragukan. "Senang banget ketika tahu bahwa aku bakal memiliki seluruh master rekaman yang kubuat mulai sekarang," imbuh Swift.

Tentu, buat mencapai kesepakatan multiyears, musisi berusia 28 tahun itu menyiapkan sederet persyaratan. Swift menyatakan, ada satu poin yang menurutnya paling penting. Yakni, terkait pembagian pendapatan buat seluruh artis di bawah label barunya.

Seluruh keuntungan penjualan album dan single di Spotify wajib didistribusikan pada artisnya dengan adil. Berapa pun hasil yang diterima, tanpa ganti rugi maupun pemotongan jika penjualan di bawah target.

"Mereka dengan senang hati menyetujui hal itu. Mereka yakin, hasilnya akan lebih baik daripada yang dibayarkan label besar lainnya," imbuh penyuka kucing itu.

Poin tersebut tidak cuma menguntungkan musisi besar di UMG seperti Ariana Grande, Drake, hingga Elton John. Kesepakatan itu juga mendongkrak penghasilan musisi lain yang namanya belum sebesar mereka.

Di industri musik dunia, nama Taylor Swift sangatlah besar. Dia punya pengaruh yang sangat kuat. Sebuah ikon.

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News