TDL Naik, Harga Rumah Naik

TDL Naik, Harga Rumah Naik
TDL Naik, Harga Rumah Naik
JAKARTA--Rencana kenaikan tarif dasar listrik (TDL) akan mendongkrak harga perumahan. Dampaknya, peluang masyarakat ekonomi lemah untuk mendapatkan perumahan yang layak huni, makin kecil. Demikian ditegaskan anggota Komisi V DPR RI, Yasti Mokoagow kepada JPNN, Rabu (17/3) "Pemerintah harus hati-hati mengambil kebijakan untuk perumahan terkait kenaikan TDL," kata Yasti.

Dia menambahkan, dengan kenaikan TDL, developer akan mengalami peningkatan biaya operasional. Akibatnya, developer akan menaikkan harga jual rumah sehingga konsumen yang terkena dampaknya.

"Karena kenaikan TDL ini menimbulkan multiplier effect, pemerintah sebaiknya menelorkan kebijakan yang pro rakyat. Jangan dinaikkan harganya dulu," sarannya. Dari kalangan developer sendiri mengakui, kenaikan TDL akan mendongkrak harga bahan bangunan. Ujung-ujungnya harga perumahan sekarang tidak relevan lagi.

"Jika TDL naik, mau tidak mau harga perumahan harus disesuaikan. Tapi karena bangunan yang kami buat adalah perumahan TNI dan sudah ada kontraknya jadi, harganya tetap," kata Presiden Komisaris PT Artha Manggala Bhakti Henny Wulur, yang dihubungi terpisah. Perusahaan ini dipercaya Panglima TNI untuk membangun 10 ribu unit perumahan bagi prajurit TNI. (esy/jpnn)

JAKARTA--Rencana kenaikan tarif dasar listrik (TDL) akan mendongkrak harga perumahan. Dampaknya, peluang masyarakat ekonomi lemah untuk mendapatkan


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News