Tegas! Joe Biden Hanya Memberi Satu Pilihan kepada Rezim Militer Myanmar

Tegas! Joe Biden Hanya Memberi Satu Pilihan kepada Rezim Militer Myanmar
Presiden Terpilih AS Joe Biden. Foto: REUTERS

jpnn.com, WASHINGTON DC - Presiden Amerika Serikat Joe Biden kembali menyerukan kepada militer Myanmar agar segera melepas kekuasaan dan membebaskan para pemimpin sipil serta aktivis yang ditahan dalam kudeta awal pekan ini.

Biden mengatakan Amerika Serikat sedang bekerja dengan sekutu dan mitra untuk menangani pengambilalihan jenderal, di mana mereka menangkap pemimpin terpilih dan peraih Nobel Aung San Suu Kyi serta warga sipil lainnya.

"Tidak ada keraguan bahwa kekuatan demokrasi tidak pernah berusaha mengesampingkan keinginan rakyat atau berusaha untuk menghapus hasil pemilu yang kredibel," kata Biden.

Menurut dia, penyerahan kembali kekuasaan kepada para pemimpin yang terpilih secara demokratis tak bisa ditawar-tawar lagi.

"Militer Myanmar harus melepaskan kekuasaan yang mereka rebut dan membebaskan para pendukung dan aktivis serta pejabat yang mereka tangkap, mencabut pembatasan telekomunikasi dan menahan diri dari kekerasan."

Komandan Angkatan Darat Min Aung Hlaing mengambil alih kekuasaan pada Senin, mengatakan ada ketidakberesan dalam pemilihan November yang dimenangkan oleh partai Suu Kyi secara telak. Komisi pemilihan mengatakan pemungutan suara itu adil.

Sementara itu Gedung Putih mengeluarkan pernyataan mengenai penasihat keamanan nasional Biden, Jake Sullivan, yang berbicara melalui telepon pada Rabu malam dengan duta besar dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, blok beranggotakan 10 negara di mana Myanmar berada.

"Tuan Sullivan menyampaikan keprihatinan mendalam Presiden Biden mengenai kudeta di Myanmar dan menyatakan penghargaan atas perhatian negara-negara ASEAN terhadap krisis ini, dengan mencatat pentingnya dukungan regional untuk segera memulihkan demokrasi Myanmar," kata pernyataan itu.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden kembali menyerukan kepada militer Myanmar agar segera melepas kekuasaan dan membebaskan para pemimpin sipil serta aktivis yang ditahan

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News