Tegas, Pengelola Kebun Binatang Gembira Loka Zoo Tolak Ratusan Wisatawan

Tegas, Pengelola Kebun Binatang Gembira Loka Zoo Tolak Ratusan Wisatawan
Wisatawan mengunjungi kawasan Gembira Loka Zoo di Umbulharjo, Yogyakarta. Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah/foc

jpnn.com, YOGYAKARTA - Manajemen Objek Wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta menolak ratusan pengunjung dalam sehari sejak awal uji coba pembukaan seiring Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Kepala Bagian Humas dan Promosi GL Zoo Fahmi Ramadhan saat dihubungi di Yogyakarta mengatakan banyaknya wisatawan yang ditolak masuk akibat regulasi yang melarang anak di bawah 12 tahun memasuki tempat wisata.

"Paling banyak Minggu (19/9) mencapai 600 pengunjung yang kami tolak," kata dia.

Menurut dia, pengunjung yang bisa masuk setelah melakukan pemindaian barcode (QR code) aplikasi PeduliLindungi rata-rata sebanyak 40 hingga 50 orang per hari atau lebih sedikit dibanding wisatawan yang ditolak.

Hal itu karena segmentasi pengunjung GL Zoo selama ini mayoritas adalah anak-anak. Sebagian besar wisatawan yang hendak masuk membawa anak-anak.

"Jadi bukan tertolak karena aplikasi PeduliLindungi tapi tidak bisa masuk karena sebagian besar membawa anak-anak. Padahal anak-anak adalah segmentasi kami," ujar Fahmi.

Karena itu, Manajemen Gembira Loka Zoo mengusulkan aturan larangan anak di bawah 12 tahun masuk tempat wisata selama uji coba yang tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 43 Tahun 2021 dapat dikaji kembali.

Menurut dia, destinasi wisata ruang terbuka (outdoor) seperti kebun binatang cukup aman bagi anak-anak, termasuk yang berusia di bawah 12 tahun.

Manajemen Objek Wisata kebun binatang Gembira Loka Zoo menolak ratusan wisatawan yang menyerbu untuk liburan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News