Telkom Sewa Satelit Lain

Telkom Sewa Satelit Lain
Telkom Sewa Satelit Lain
JAKARTA - Peristiwa gagal orbit Satelit Telkom-3, milik PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk akhirnya menemui titik terang. Keterangan resmi ISS Reshetnev menyebutkan bahwa Satelit Telkom-3 saat ini melayang di ketinggian maksimum 5.014 kilometer. Posisi tersebut masih jauh dari ketinggian orbit yang diharapkan, yakni 36 ribu kilometer. ISS Reshetnev pun memastikan satelit tersebut kemungkinan besar tidak akan dapat dipergunakan.

Head of Corporate and Communication Affair Telkom Slamet Riyadi mengatakan pihaknya telah mendapatkan penjelasan dari ISS Reshetnev. Karena itu, sebelum menerima hasil preliminary calculation, pihaknya telah mengambil langkah penanganan emergency dan urgency untuk menjamin pelayanan dan operasional telekomunikasi.

"Selain masih mengoperasikan dan menggunakan satelit lama (Telkom-1 dan 2), jika ada tambahan permintaan, kami menyewa transponder dari operator satelit lainnya yang memiliki footprint seperti Telkom-3," ungkapnya kepada Jawa Pos kemarin (9/8).

Saat ini, pihaknya telah bekerja sama dengan empat operator satelit. Di antaranya  Apstar Satellite (Hongkong), China Satellite (Tiongkok), JCSAT (Jepang), dan The Sino Satellite Communications Company (Sinosat Tiongkok). "Kita sudah jalin kerja sama, sebagian lagi akan menyewa dari mereka. Tinggal menambah transponder kalau ada demand dari korporasi, misalnya untuk layanan telepon dan data," ungkapnya.

JAKARTA - Peristiwa gagal orbit Satelit Telkom-3, milik PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk akhirnya menemui titik terang. Keterangan resmi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News