Tempuh Perjalanan Laut 9 Jam Agar Bisa Ikut UNBK SMA

Tempuh Perjalanan Laut 9 Jam Agar Bisa Ikut UNBK SMA
Siswa SMA ujian nasional. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, KOTABARU - Sebanyak 60 siswa SMAN Pulau Sembilan Kotabaru, Kalsel, terpaksa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sekolah lain di luar pulau, yang dimulai besok (9/4). Hal ini karena minimnya akses internet di daerah tersebut.

Butuh waktu 9 jam perjalanan laut menuju SMAN 2 Kotabaru, sekolah tempat mereka mengikuti UNBK.

Menyiasati agar para siswa SMAN Pulau Sembilan bisa mengikuti UNBK, Dinas Pendidikan Kalsel memberikan fasilitas ke semua siswa. Mulai akomodasi hingga transportasi ke Pulau Laut Utara.

Untuk diketahui, ujian nasional tahun ini adalah ujian perdana bagi para siswa SMAN Pulau Sembilan mengikutinya dengan cara online atau berbasis komputer.

Kepala Bidang Bina SMA Disdik Kalsel, Muhammadun mengungkapkan pelaksanaan UNBK SMA tahun ini adalah yang spesial. Pasalnya, jika tahun lalu masih banyak siswa yang mengikuti ujian nasional kertas pensil(UNKP), tahun ini semua siswa di jenjang SMA menggelarnya dengan UNBK.

“Dukungan kepada para siswa di SMAN Pulau Sembilan agar tahun ini menggelar UNBK sangat banyak. Baik dari orang tua, hingga siswa sendiri. Kami respons dengan memberikan fasilitas bantuan. Terutama transportasi mereka,” ujar pria yang akrab disapa Madun.

Soal perangkat UNBK di SMAN 2 Kotabaru, dia menegaskan mencukupi ketika para siswa dari SMAN Pulau Sembilan ikut gabung. “Perangkat komputer sudah kami siapkan sejak jauh hari. Jumlahnya sangat mencukupi,” terangnya.

Madun tak memungkiri, minimnya jaringan internet di daerah pesisir membuat sekolah di daerah tersebut tak cepat bergerak maju. Dia menyayangkan, para provider tak memikirkan ini. Malah dirinya menilai, para penyedia jasa jaringan internet ini hanya berpikir untung dan rugi.

Lantaran minimnya akses internet, 60 siswa SMAN Pulau Sembilan Kotabaru, Kalsel, harus menempuh perjalanan laut 9 jam UNBK SMA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News