Temui Tito, Dubes Argentina Berterima Kasih kepada Polri

Temui Tito, Dubes Argentina Berterima Kasih kepada Polri
WN Argentina, Elizabeth Avalos, 27, mencari putrinya, Alum Langone Avalos. Foto: istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Duta Besar Argentina untuk Indonesia Ricardo Luis Bocalandro menemui Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri.

Hal ini berkaitan dengan ditemukannya bocah hilang korban penculikan Alum Langone Avalos, 7, oleh Polri di Toraja.

"Saya ke sini untuk bertemu dengan Kapolri Tito Karnavian ingin mengucapkan terima kasih yang mendalam atas kecepatan Polri dalam menangani kasus ini," terang Ricardo usai menemui Tito, Kamis (8/2).

Sementara Tito mengatakan, kasus ini menjadi isu yang sensitif di Argentina dan langsung menjadi perhatian Polri setelah diketahui korban diduga dibawa kabur ke Indonesia.

Tito mengapresiasi kinerja jajarannya yang cepat menemukan Alum. "Interpol bergerak cepat menghubungi Polda Sulsel dan langsung diamankan. Lalu anaknya dibawa ke Jakarta dan diserahkan ke Kedubes," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia Brigjen Napoleon Bonaparte mengatakan kasus ini berawal dari setahun yang lalu, ketika itu Alum dijemput ayahnya, Jorge Gabriel Langone sepulang sekolah dan membawanya ke luar negeri.

Padahal saat itu diketahui pengadilan setempat memutuskan memberi hak asuh kepada ibunya. Jorge dengan ditemani teman perempuannya, Candela Guiterres, membawa Alum ke beberapa negara yakni Brazil, Bolivia, Ethiopia dan masuk ke Indonesia secara ilegal.

Lalu pada 5 Januari 2018, polisi mendeteksi keberadaan Alum di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Di hari yang sama, Interpol pusat mengeluarkan red notice untuk Jorge dan Candela. Sementara untuk Alum, Interpol mengeluarkan yellow notice.

Duta Besar Argentina untuk Indonesia Ricardo Luis Bocalandro menemui Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News