Tengah Danau Toba Berlumpur, Bagaimana KM Sinar Bangun?

Tengah Danau Toba Berlumpur, Bagaimana KM Sinar Bangun?
Danau Toba. Foto: Metro Siantar/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ada kemungkinan KM Sinar Bangun yang tenggelam terperosok ke lumpur di dasar Danau Toba. Pasalnya, di bagian tengah Danau Toba memang berlumpur.

Hidrogeolog ITB Lambok Hutasoit menuturkan kondisi umum pada Danau Toba biasanya dimulai dari pantai atau pinggir yang terdiri atas kerikil atau butiran kasar.

Semakin ke tengah danau akan diisi oleh pasir. Sedangkan makin ke dalam berupa lempung atau lumpur. Diduga KM Sinar Bangun yang tenggalaml di Danau Toba itu masuk ke wilayah lumpur.

BACA JUGA: Fakta – Fakta tentang Danau Toba, Mirip Samudera

”Saya khawatirnya begitu ya. Kan itu agak ke tengah karena di bawahnya sudah lumpur. Proses evakuasinya ya susah, 500 meter,” kata dia, seperti diberitakan Jawa Pos.

Dia mengungkapkan sejauh ini belum ada pemetaan yang benar-benar detail tentang kondisi Danau Toba. Mulai dari arus laut hingga kondisi angin di sekitar danau.

Tengah Danau Toba Berlumpur, Bagaimana KM Sinar Bangun?

”Belum rinci diteliti, diselidiki itu. Kemudian arusnya harusnya diketahui ke mana-mana belum banyak diselidiki, anginnya gimana, meterologi bagaimana di sana,” ujar dia. (jun/syn/tau)


Hidrogeolog ITB Lambok Hutasoit tidak membantah kemungkinan KM Sinar Bangun masuk ke wilayah berlumpur Danau Toba.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News