Terbukti Korupsi, Mantan Mensos Diganjar 1 Tahun 8 Bulan

Terbukti Korupsi, Mantan Mensos Diganjar 1 Tahun 8 Bulan
DIVONIS - Bachtiar Chamsyah usai sidang pembacaan vonis kasusnya, di Pengadilan Tipikor, Jakarta. Mantan Mensos ini divonis 1 tahun 8 bulan penjara. Foto: Budi Siswanto/JPNN.
JAKARTA - Mantan Menteri Sosial (Mensos) di era pemerintahan SBY-JK, Bachtiar Chamsyah (BC), akhirnya divonis 1 tahun 8 bulan penjara, dalam sidang pembacaan putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (22/3). Selain itu, ia juga diwajibkan untuk mengganti kerugian Rp 50 juta kepada negara, atas kasus korupsi di lingkup Depsos yang dipimpinnya di periode 2004-2009 itu.

Ketua majelis hakim sidang Tipikor, Tjokorda Rai Suamba, menegaskan bahwa terdakwa terbukti bersalah melakukan perbuatan melawan hukum, dalam kegiatan proyek pengadaan sapi impor, kain sarung dan mesin jahit, yang pelaksanaannya pada tahun 2004 dan tahun 2006 itu. "Atas perbuatan tersebut, terdakwa patut dihukum," ungkapnya.

Menurut Tjokorda pula, sebagai Mensos waktu itu, BC bersalah karena telah menyetujui adanya penunjukan langsung. Padahal, jelas majelis hakim, dalam proyek tersebut sudah terjadi kesalahan prosedur. Penggelembungan proyek yang pelaksanaannya di tahun 2004 dan 2006 tersebut, juga disebutkan telah merugikan negara sekitar Rp 33 miliar.

Meski tidak menikmati, hakim menilai BC bersalah karena telah memperkaya orang lain atau korporasi, dari suatu kebijakan yang menyalahi aturan. "Harusnya hal itu tidak dilakukannya," tandas majelis hakim.

JAKARTA - Mantan Menteri Sosial (Mensos) di era pemerintahan SBY-JK, Bachtiar Chamsyah (BC), akhirnya divonis 1 tahun 8 bulan penjara, dalam sidang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News