Terduga Teroris Kelompok Fahim Berlatih di Gunung Bromo, Mereka Sudah Merencanakan Aksi

Terduga Teroris Kelompok Fahim Berlatih di Gunung Bromo, Mereka Sudah Merencanakan Aksi
Terduga teroris UBS alias F atau Fahim disebut pimpinan Kelompok Fahim tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (18/3/2021) (ANTARA/Fauzi Lamboka)

jpnn.com, JAKARTA - Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan para terduga teroris Kelompok Fahim sudah berlatih di sekitar Gunung Bromo, Jawa Timur.

Sebanyak 22 terduga teroris yang menamakan diri Kelompok Fahim ini sebelumnya ditangkap Tim Densus 88 Antiteror Polri di sejumlah wilayah Jawa Timur, yakni Sidoarjo, Surabaya, Mojokerto, Kediri, Malang, dan Bojonegoro.

Brigjen Rusdi juga menyebut Kelompok Fahim ini sudah merencanakan aksi terorisme yang menebarkan rasa ketakutan dan kekhawatiran di masyarakat, termasuk anggota Polri.

"Salah satunya anggota Polri yang sedang bertugas dan bekerja di lapangan," jelas Brigjen Rusdi Hartono di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (18/3).

Diketahui Penangkapan puluhan terduga teroris itu dilakukan dalam operasi pencegahan dan penindakan terorisme yang berlangsung di Jawa Timur sejak 26 Februari 2021 hingga 2 Maret 2021.

Sejumlah barang bukti diamankan berupa 50 butir peluru 9 mm, satu pistol rakitan jenis FN, empat bendera daulat warna hitam dan putih, delapan buah pisau, dua buah samurai, golok, hingga senjata tajam berbentuk busur.

Menurut Brigjen Rusdi, tiga dari 22 terduga teroris itu merupakan pimpinan dari Kelompok Fahim. Ketiganya diturunkan paling akhir dari pesawat di Bandara Soekarno Hatta, yakni AY alias AZ, F alias AU dan UBS alias F.

"UBS alias F adalah Fahim, sehingga sering disebut Kelompok Fahim," ungkap Rusdi.

Sebanyak 22 terduga teroris Kelompok Fahim dipindahkan Tim Densus 88 Antiteror dari Jatim ke Jakarta, Kamis (18/3).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News