Terima Pengurus KUKMI, Bamsoet Dorong Peningkatan Pemberdayaan UMKM

Terima Pengurus KUKMI, Bamsoet Dorong Peningkatan Pemberdayaan UMKM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo telah menerima pengurus Kerukunan Usahawan Kecil dan Menengah Indonesia (KUKMI). Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo telah menerima pengurus Kerukunan Usahawan Kecil dan Menengah Indonesia (KUKMI) di kantornya yang berlokasi di Jakarta Pusat, Selasa (7/11).

Dalam pertemuan tersebut, pria yang akrab disapa Bamsoet itu menekankan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah banyak memberikan perhatian kepada UMKM.

Salah satunya terlihat dari pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, pertumbuhan KUR sebesar Rp 178,07 triliun atau kurang lebih 16,25 persen pada 2020 dan sebesar Rp 192,59 triliun atau kurang lebih 8,16 persen pada 2021.

Saat ini, Komite Kebijakan Pembiayaan Bagi UMKM menargetkan penyaluran KUR pada 2023 mencapai Rp 297 triliun.

Realisasinya hingga September 2023 telah mencapai Rp 177,54 triliun. Masih menyisakan sekitar Rp 119,46 triliun

"Data tersebut juga menunjukan bahwa para pelaku UMKM sangat membutuhkan suntikan dana dalam mengembangkan usahanya. Karena itu, siapapun yang nantinya menggantikan Presiden Jokowi sebagai pemimpin nasional, harus tetap melanjutkan program KUR," ujar Bamsoet.

Pengurus KUKMI yang hadir antara lain, Ketua Dewan Pembina Azwir Daini Tara, Ketua Umum Yudianto Tri Rahardjo, Wakil Ketua Umum Yamin Tara, Sekretaris Jenderal Hasan AG, Wakil Sekretaris Jenderal Danny Tara, Wakil Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan Bowo Sidik Pengestu, Wakil Bendahara Donny Tara, Ketua Bidang Pariwisata Nova Sri Budiningsih, serta Ketua Bidang BUMN Andrian Lamemuhar.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo telah menerima pengurus Kerukunan Usahawan Kecil dan Menengah Indonesia (KUKMI).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News