Terlalu Banyak Minum Air Kelapa? Ini 4 Dampak Buruknya

Terlalu Banyak Minum Air Kelapa? Ini 4 Dampak Buruknya
Kelapa muda. Foto Stock Photo

jpnn.com - Air kelapa seakan menjadi minuman primadona yang selalu dikejar hingga ke ujung dunia. Tidak mengherankan karena mengingat air kelapa memiliki rasa yang menyegarkan sekaligus mengandung zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Tapi awas, minum air kelapa terlalu banyak ternyata bisa membahayakan tubuh.

Berdasarkan penuturan dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, air kelapa mengandung elektrolit maupun karbohidrat yang mudah dicerna oleh tubuh.

“Air kelapa murni tanpa campuran bahan lain mengandung 5,45 kalori, 1,3 gram gula, 61 miligram potasium, dan 5,45 miligram sodium. Kandungan gizi tersebut membuat air kelapa mampu menjaga keseimbangan eletrolit agar tubuh terhidrasi dengan baik,” tutur dr. Nadia

Senada dengan itu, dr. Jessica Florencia dari KlikDokter juga mengatakan bahwa air kelapa murni yang dikonsumsi secara rutin mampu memberikan manfaat sehat sebagai berikut:

  1. Membantu program penurunan berat badan
  2. Mengatasi gangguan pencernaan
  3. Mengontrol tekanan darah tinggi
  4. Mengatasi hangover atau mabuk akibat minuman beralkohol.

Sayangnya, segala manfaat yang ditawarkan air kelapa bisa sirna seketika dan berubah jadi malapetaka jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Ya, minum air kelapa terlalu banyak ternyata justru mengundang bahaya pada tubuh.

Akibat terlalu banyak minum air kelapa
Melansir berbagai sumber, berikut adalah beberapa keadaan bahaya yang bisa terjadi jika Anda minum air kelapa terlalu banyak:

1 Hipotensi
Hipotensi adalah kondisi saat tekanan darah berada di bawah angka 90/60 mmHg. Gejala yang terjadi akibat kondisi ini adalah pusing, mual, penurunan konsentrasi, badan lemas hingga penurunan kesadaran.

Melansir WebMD, minum air kelapa terlalu banyak adalah salah satu penyebab terjadinya hipotensi alias tekanan darah sangat rendah. Ini karena setiap 240 mililter air kelapa murni mengandung 600 miligram potasium.

Penelitian mengatakan bahwa potasium dengan jumlah tersebut mampu menurunkan tekanan darah sistolik 71% dan tekanan diastolik 29%. Jika Anda minum air kelapa terlalu banyak, jumlah potasium yang masuk ke tubuh akan berlebihan.

Yang harus diketahui adalah, meski baik bagi kesehatan, air kelapa tetap tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News