Terlalu Bersih Justru Mengundang Penyakit

Terlalu Bersih Justru Mengundang Penyakit
Terlalu Bersih Justru Mengundang Penyakit
SEDIKIT-sedikit Anda pergi ke kamar mandi untuk mencuci tangan atau membalurkan cairan antiseptik? Anda tak pernah mau makan di warteg pinggir jalan gara-gara tidak yakin akan kebersihannya? Awas, bukannya sehat, bisa-bisa Anda malah jadi gampang sakit akibat gaya hidup yang kelewat steril.

Risiko Alergi Meningkat

Pernah dengar iklan sabun yang bilang, "Berani kotor itu baik"? Bukan sekadar slogan, ternyata kalimat itu telah dibuktikan kebenarannya oleh sejumlah penelitian tingkat dunia. Berdasarkan sebuah riset yang dilakukan di Kanada, kasus penyakit yang terkait dengan alergi seperti asma, eksim, dan multiple sclerosis mengalami peningkatan akibat penerapan kebersihan yang terlalu berlebihan di negara-negara maju.

Menurut Prof. Guy Delespesse, salah seorang peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Montreal, alergi memang bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti riwayat keluarga, lingkungan hidup yang terpolusi, makanan yang diproses, stres, dan gaya hidup tidak sehat, seperti merokok dan pola makan yang tidak benar. Tetapi, kata Delespesse, minimnya paparan terhadap bakteri di lingkungan tempat kita hidup bisa jadi merupakan faktor pemicu alergi yang paling penting.

SEDIKIT-sedikit Anda pergi ke kamar mandi untuk mencuci tangan atau membalurkan cairan antiseptik? Anda tak pernah mau makan di warteg pinggir jalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News