Terminal Bus klaten Jadi Proyek Percontohan

Terminal Bus klaten Jadi Proyek Percontohan
Terminal bus. Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, KLATEN - Terminal Bus Klaten menjadi salah satu dari 16 terminal yang dipilih untuk proyek percontohan rekayasa sosial.

Dalam kunjungan kerjanya ke Terminal Bus Klaten, Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hindro Surahmat mengatakan, pengelolaan Terminal Penumpang Tipe A menjadi urusan pemerintah pusat.

"Maka harus ada perubahan positif baik dalam hal pengelolaan terminal maupun peningkatan pelayanannya minimal perilaku petugas terminal sebagai pelayan masyarakat," jelas Hindro.

"Di sinilah bukti bahwa negara hadir untuk menciptakan kesetaraan pelayanan kepada masyarakat dalam bertransportasi," tutur dia.

Menurutnya, kebersihan, ketertiban dan kenyamanan harus menjadi indikator dalam penyelenggaraan pelayanan publik termasuk terminal.

Perubahan positif ini memerlukan banyak dukungan dari Pemerintah Daerah, Aparat Keamanan dan berbagai pihak, termasuk para stakeholder yang terlibat dalam operasional terminal antara lain Para petugas terminal, awak kendaraan, penumpang, operator angkutan dan pedagang di lingkungan terminal, untuk mewujudkan “Terminal Bus A Wow Jauh lebih keren”.

Selain itu, Hindro juga memerintahkan kepada seluruh petugas Terminal Penumpang Tipe A di seluruh Indonesia terutama di 16 Lokasi Terminal yang menjadi Pilot Project, untuk konsisten melaksanakan aturan yang ada secara berkesinambungan.

"Buat Terminal Penumpang Tipe A lebih berkesan positif bagi masyarakat pengguna jasa. Hilangkan kesan buruk tentang Terminal," kata Hindro.

Kebersihan, ketertiban dan kenyamanan harus menjadi indikator dalam penyelenggaraan pelayanan publik termasuk terminal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News