Terungkap, Pimpinan Khilafatul Muslimin Ternyata Banyak Eks Napi Teroris

Terungkap, Pimpinan Khilafatul Muslimin Ternyata Banyak Eks Napi Teroris
Polisi menyebut pimpinan Khilafatul Muslimin banyak eks napi teroris. Salah satunya adalah pimpinan Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Hasan Baraja yang sudah diamankan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (7/6). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya mengungkap bahwa sejumlah pimpinan Khilafatul Muslimin ternyata merupakan mantan narapidana teroris (napiter).

Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan pimpinan tertinggi kelompok tersebut Abdul Qodir Hasan Baraja juga eks napiter.

"Kami sampaikan juga bahwa pimpinan tertinggi Abdul Hasan Baraja ini merupakan eks napiter," kata Hengki kepada wartawan, Kamis (16/6).

Abdul Qodir Hasan Baraja, lanjut Hengki  pernah divonis lima tahun penjara karena terlibat kasus teror Warman. 

Kemudian Abdul juga pernah divonis 15 tahun penjara kasus pengeboman Candi Borobudur.

"Kemudian setelah kami interogasi lebih dalam juga ada kaitannya dengan peristiwa Talangsari yang bagian dari NII di Lampung," ujar Hengki.

"Dari struktur kepengurusan itu banyak di antaranya eks napiter. Apakah itu JI (Jamaah Islamiyah), JAD (Jamaah Ansharut Daulah), atau NII (Negara Islam Indonesia)," sambung Hengki.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya sudah menangkap enam anggota kelompok Khilafatul Muslimin.

Polda Metro Jaya mengungkap bahwa sejumlah pimpinan Khilafatul Muslimin ternyata merupakan mantan narapidana teroris (napiter), simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News