JPNN.com

Tesla Bangun Pabrik di Tiongkok Untuk Pangkas Harga Mobil Listriknya

Kamis, 01 Agustus 2019 – 16:41 WIB  Tesla Bangun Pabrik di Tiongkok Untuk Pangkas Harga Mobil Listriknya - JPNN.com

jpnn.com - Tesla menyiapkan ekspansi bisnis ke pasar Tiongkok dan dana investasi pun mulai digelontorkan dengan total USD 2,04 miliar yang akan digelontorkan dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Langkah itu sebagai bagian dari perjanjian Tesla dengan Pemerintah Kota Shanghai, untuk membangun fasilitas produksi kendaraan listrik di kawasan Gigafactory.

BACA JUGA: Mobil Tesla Segera Dipasangkan Netflix dan Youtube

Dilaporkan, Carscoops, Kamis 91/8), jika Tesla tidak memenuhi perjanjian investasi, mereka diwajibkan mengembalikan lahan ke pemerintah daerah dan membayar kompensasi sisa sewa tanah.

Tesla sendiri telah berkomitmen membayar pajak sekitar USD 323 juta di China mulai akhir 2023. Ini bagian dari perjanjian sewa lahan mobil listrik kawasan tersebut.

Diketahui, Tesla mulai beroperasi di Shanghai Gigafactory pada Januari lalu. Namun, perusahaan membutuhkan investasi besar pada tahun-tahun mendatang.

Meski demikian, Tesla yakin dengan membangun kendaraan di China, perusahaan bisa memangkas harga kendaraan yang dijual. Di mana, pada akhir Mei lalu, terungkap Tesla Model 3 buatan China dihargai hanya USD 47.628 atau 13 persen lebih rendah daripada produk impor dari Amerika Serikat.

Produksi Tesla Model 3 akan dimulai pada akhir tahun ini, dengan kapasitas 150.000 unit per tahun. Model Y juga akan diproduksi di sana untuk memenuhi pasar China. Sementara fasilitas di Hawthorne, California, AS, untuk kebutuhan pasar lain. (mg9/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...