Thailand Akhirnya Bebaskan 28 Nelayan Asal Aceh

Thailand Akhirnya Bebaskan 28 Nelayan Asal Aceh
Sebanyak 28 nelayan asal Aceh saat hendak dipulangkan ke kampung halaman, di Jakarta, Jumat (15/3/2024) (ANTARA/HO/Humas BPPA).

jpnn.com - BANDA ACEH - Pemerintah Thailand akhirnya membebaskan 28 orang nelayan asal Aceh Timur yang ditangkap pada Agustus 2023 lalu.

Kini para nelayan tersebut telah dipulangkan oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial dan Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) di Jakarta.

"Mereka merupakan nelayan asal Aceh Timur yang berlayar menggunakan kapal KM Cahaya Putra 02 dan KM Salsabila," ujar Kepala BPPA Akkar Arafat dalam keterangannya, Jumat (15/3).

Akkar mengatakan 28 nelayan tersebut dibebaskan otoritas Thailand pada 12 Maret 2024.

Mereka tiba di Jakarta pada 14 Maret 2024 melalui Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Informasi itu didapatkan setelah pihaknya menerima surat dari Kementerian Luar Negeri melalui Konsulat Republik Indonesia (KRI) Songkhla dari Thailand.

"Dalam surat Kemenlu disampaikan ada 28 WNI asal Aceh yang dipulangkan setelah menjalani masa hukuman. Mereka terbang melalui Phuket-Singapura-Jakarta pada 14 Maret 2024 usai menjalani masa hukuman penjara setelah memasuki perairan di otoritas Pemerintah Thailand," ujarnya.

Kemudian, lanjut Akkar, pihaknya berkoordinasi dengan Kemenlu dan Dinas Sosial Aceh untuk memulangkan 28 warga Aceh tersebut secepatnya, sehingga tiket kepulangan ke kampung halaman bisa diakomodasi.

Thailand akhirnya membebaskan 28 orang nelayan asal Aceh Timur yang ditangkap Agustus 2023 lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News