Thailand Bentengi Bocah-Bocah Moo Pa dari Investor

Thailand Bentengi Bocah-Bocah Moo Pa dari Investor
Anggota tim sepak bola junior Moo Pa yang sempat terjebak selama dua pekan di dalam gua menjalani karantina di rumah sakit Chiang Rai, Thailand. Foto: Reuters

jpnn.com, BANGKOK - Pemerintah Thailand tidak main-main dengan peringatannya untuk tidak mengeksploitasi bocah-bocah gua alias 12 anggota klub sepak bola Moo Pa dan asisten pelatihnya.

Jumat (27/7) pemerintah membentuk Komite Media Kreatif yang tugas utamanya mengawasi komersialisasi kisah 13 mantan penghuni Thum Luang tersebut.

”Komite akan menyeleksi semua pihak yang berminat mengangkat kisah bocah-bocah gua tersebut dan memastikan mereka taat aturan pemerintah,” kata Wakil Menteri Kebudayaan Thailand Wissanu Kreangam kepada Bangkok Post.

Dia mengungkapkan, belakangan semakin banyak perusahaan dan investor yang berminat mengangkat kisah para bocah gua tersebut. Tentu saja, tujuan mereka adalah mengomersialkan petualangan 12 bocah dan asisten pelatih Moo Pa tersebut.

Menurut Wissanu, sejauh ini ada 13 produser yang sedang bernegosiasi dengan pemerintah untuk mengangkat kisah yang menyita perhatian dunia pada akhir Juni sampai awal bulan ini itu. ’’Mereka mengajukan proyek yang beragam. Mulai film, dokumenter, novel, sampai game komputer,’’ ujar Wissanu.

Thum Luang adalah cagar alam milik pemerintah Thailand. Karena itu, wajar jika pemerintah mewajibkan semua pihak yang hendak mengangkat kisah dramatis tersebut lapor dulu. Sebab, mereka harus mengantongi izin dari Departemen Taman Nasional dan Cagar Alam sebelum mengomersialisasikan Thum Luang.

Selain itu, pemerintah khawatir para produser itu membombardir bocah-bocah gua dan keluarganya dengan banyak pertanyaan. Sebab, sampai saat ini pun, para bocah itu masih menjalani proses pemulihan fisik dan mental setelah 18 hari menghuni gua. (bil/c17/hep)


Pemerintah Thailand tidak main-main dengan peringatannya untuk tidak mengeksploitasi bocah-bocah gua alias 12 anggota klub sepak bola Moo Pa


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News