Thailand Minta Dukungan Indonesia

Untuk Menjadi Pemimpin ASEAN

Thailand Minta Dukungan Indonesia
Thailand Minta Dukungan Indonesia
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Thailand Kasit Piromya menyampaikan pesan Perdana Menteri Thailand yang baru Mr Abasit kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Intinya, Thailand minta dukungan dari Indonesia untuk memimpin organisasi negara-negara Asia Tenggara yang tergabung di ASEAN (Association of Southeast Asian Nations).

“Kami juga mendiskusikan dengan pemerintah Indonesia tentang kemungkinan untuk mewujudkan tujuan di dalam ASEAN Charter. Transformasi dari ASEAN menuju sebuah komunitas dalam bidang politik, ekonomi, dan juga kebudayaan,” ujar Kasit di kantor Presiden SBY di Jakarta, Rabu sore (11/2).

Menurut dia, berbagai langkah akan dibuat oleh Thailand. ”Thailand selanjutnya akan memimpin ASEAN, kami memerlukan arahan dan masukan dari Indonesia untuk keberlanjutan ASEAN berikutnya. Tidak hanya bidang politik dan sosial, tapi juga bidang demokratisasi, rule of law, good governance, dan juga HAM,” bebernya.

Permintaan Thailand meminta dukungan itu bukan tanpa alasan. ”Kami menilai Indonesia telah berhasil melakukan transformasi di bidang itu (politik, sosial, demokratisasi, rule of law, good governance, dan HAM),” papar Kasit.

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Thailand Kasit Piromya menyampaikan pesan Perdana Menteri Thailand yang baru Mr Abasit kepada Presiden RI Susilo Bambang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News