JPNN.com

Tidur dengan Lampu Menyala Bikin Berat Badan Wanita Naik?

Rabu, 03 Juli 2019 – 23:10 WIB Tidur dengan Lampu Menyala Bikin Berat Badan Wanita Naik? - JPNN.com

jpnn.com - Anda terbiasa tidur dengan lampu menyala, atau lampu mati? Beberapa orang khususnya pada wanita, tak bisa tidur dalam gelap karena berbagai alasan. Hati-hati, kebiasan tidur dengan lampu menyala ternyata dinilai bisa bikin berat badan naik.

Menurut sebuah studi yang baru-baru ini dipublikasikan, tidur dengan lampu yang masih menyala bisa meningkatkan risiko peningkatan berat badan pada wanita. Temuan studi ini tentunya menarik untuk disimak, mengingat kebanyakan wanita menaruh perhatian lebih banyak soal berat badan.

Tidur dengan lampu menyala tingkatkan risiko obesitas

National Institutes of Health melakukan survei terhadap lebih dari 40 ribu wanita dengan kriteria: berusia 35-74 tahun, dalam kondisi sehat, tidak bekerja dengan sistem shift, tidak terbiasa tidur pada siang hari, dan tidak sedang hamil.

Studi yang dipublikasikan di jurnal kesehatan “JAMA Internal Medicine” tersebut membagi partisipan wanita menjadi empat kelompok, yaitu: kelompok yang tidur tanpa cahaya lampu sama sekali, kelompok yang tidur dengan cahaya lampu tidur minimal, kelompok yang tidur dengan lampu menyala di luar kamar, dan kelompok yang tidur dengan lampu dan/atau televisi menyala di dalam kamar.

BACA JUGA: Berapa Batas Aman Minum Kopi dalam Sehari?

Selain melakukan wawancara mengenai kebiasaan tidur partisipan, para peneliti yang terlibat dalam studi tersebut juga mengukur tinggi badan, berat badan, lingkar pinggul, dan indeks massa tubuh untuk diikuti selama 5 tahun ke depan.

Setelah 5 tahun, para peneliti yang dikepalai oleh Dr. Yong-Moon Park menemukan bahwa wanita yang tidur dengan lampu dan/atau televisi yang menyala di dalam kamar (bukan lampu tidur kecil) 17 persen lebih berisiko mengalami peningkatan berat badan sebesar 5 kilogram atau lebih. Mereka juga memiliki risiko 22 persen lebih besar untuk menjadi overweight (gemuk) dan 33 persen untuk menjadi obesitas.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...