Manakah yang Lebih Efektif untuk Turunkan Berat Badan, Latihan Kardio atau Angkat Beban?

Manakah yang Lebih Efektif untuk Turunkan Berat Badan, Latihan Kardio atau Angkat Beban?
Latihan angkat berat. Foto: uprazheniya

jpnn.com - Formula mendapatkan berat badan ideal adalah dengan pengaturan pola makan dan olahraga rutin. Bicara mengenai pilihan olahraga yang tepat, kira-kira mana yang hasilnya lebih efektif untuk turunkan berat badan, latihan kardio atau angkat beban?

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid, dari KlikDokter, latihan kardio merupakan jenis olahraga nonpertandingan yang memiliki gerakan yang ritmis dan teratur.

"Olahraga ini akan memicu kontraksi otot-otot, meningkatkan denyut jantung, serta memperlancar peredaran darah. Biasanya, yang termasuk kardio itu adalah joging dan bersepeda," katanya.

Kardio membakar lebih banyak kalori tiap sesi

Terkait peran latihan kardio dalam menurunkan berat badan, banyak peneliti yang mencoba mencari tahu berapa banyak kalori yang dibakar saat melakukan latihan ini.

Berdasarkan sebuah penelitian, berat badan Anda bisa dijadikan patokan untuk memperkirakan berapa banyak kalori yang dibakar selama melakukan berbagai jenis latihan, termasuk kardio dan angkat beban. Untuk sebagian besar aktivitas, semakin berat Anda, maka semakin banyak kalori yang dibakar.

Sebagai contoh, jika berat Anda 73 kg, Anda akan membakar sekitar 250 kalori per 30 menit joging dengan kecepatan sedang. Jika Anda berlari dengan kecepatan lebih cepat 9,6 km/jam, Anda akan membakar sekitar 365 kalori dalam 30 menit.

Di sisi lain, jika Anda berlatih beban untuk jumlah waktu yang sama, Anda mungkin hanya membakar sekitar 130-220 kalori. Secara umum, Anda akan membakar lebih banyak kalori per sesi kardio daripada latihan angkat beban untuk jumlah usaha yang hampir sama.

Kira-kira mana yang hasilnya lebih efektif untuk turunkan berat badan, latihan kardio atau angkat beban?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News