Tiga Rumah Nyaris Amblas

Tiga Rumah Nyaris Amblas
Tiga Rumah Nyaris Amblas

BOGOR
- Malam takbiran hujan deras mengguyur wilayah Bogor. Tiga rumah  di Kampung Genteng, RT 1/6, Desa Cipicung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, nyaris amblas terseret longsor, pada Jumat (10/9). Hanya satu rumah yang mengalami kerusakan parah akibat longsor tersebut, yaitu rumah milik Syamsul Huda (50), dapur rumahnya  ambrol. Diduga, Tidak ada korban jiwa ataupun luka akibat peristiwa longsor tersebut.

Data Radar,  peristiwa longsor itu terjadi sekitar pukul 10:00, kemarin.  Saat itu, di rumah sedang tidak ada orang, karena sedang bersilaturahmi dengan tetangga.  Hanya di rumah Syamsul Huda saja ada beberapa keluarganya yang sedang berbincang-bincang di ruang tamu depan. Mendadak, terdengar bunyi longsoran dan saat ditengok, ternyata dapur di belakang rumah Syamsul Hhuda  ambrol, lantaran kehilangan pijakan tanah, setelah semalamam tergerus air hujan. Sementara itu, dua rumah lainnya, milik Itah (52) dan Mulyadi (45) tidak sampai ambrol, tetapi sudah kehilangan cukup banyak pijakan tanah.

Ketua TRC Kabupaten Bogor, Budi Aksomo, menuturkan, tiga rumah itu berada di dekat tebing dengan kemiringan sekitar 40 derajat. "Letak rumahnya memang agak jauh dengan tetangga lainnya," singkat Budi kepada Radar Bogor. Ia menambahkan, jika daerah tersebut memang merupakan daerah rawan longsor. Budi memperkirakan, apabila hujan deras kembali mengguyur. Bukan tidak mungkin akan menimbulkan longsor susulan yang lebih dahsyat lagi dan bisa merontokkan ketiga rumah tersebut.

"Makanya, kini para penghuni rumah itu mengungsi di rumah kerabatnya dulu sekarang. Untuk keamanan itu, karena mungkin saja terjadi longsor lagi," beber Budi. Hingga Jumat malam (10/9), belum ada tindakan lebih lanjut lagi. Namun, Budi berjanji, pada Sabtu pagi (11/9), pihaknya akan kembali turun ke lokasi untuk melakukan observasi.

BOGOR - Malam takbiran hujan deras mengguyur wilayah Bogor. Tiga rumah  di Kampung Genteng, RT 1/6, Desa Cipicung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News