Tika Wibisono: Anak Indonesia Terkenal Minder

Tika Wibisono: Anak Indonesia Terkenal Minder
Psikolog Tika Wibisono. Foto: Mesya Mohammad/JPNN

jpnn.com - PALU--Psikolog Tika Wibisono menyatakan, anak Indonesia terkenal minder. Anak-anak condong menjadi pemalu, mudah takut, dan tidak percaya diri.

"Anak-anak Indonesia didominasi generasi minder. Takut salah, takut tampil di depan. Ini diperparah dengan sikap orang tua juga yang mendorong anak-anak semakin tidak percaya diri," kata Tika yang juga penulis buku dan pencipta lagu anak dalam peringatan Hari Aksara Internasional tingkat nasional di Palu, Rabu (19/10).

Orang tua, lanjutnya, menjadi penyebab utama anak minder. Ketika anak ingin tampil, orang tua yang memberikan larangan.

"Kalau anaknya pengen maju, orangtuanya malah yang larang. Alasannya, buat apa sih maju, malu-maluin orang tua saja. Ketika orang tua mengucapkan itu, hancur lebur rasa percaya diri anak," tuturnya.

Tika menyarankan kepada orang tua untuk mendorong putra-putrinya lebih percaya diri.

Salah satunya dengan ‎menyanyi dan menciptakan lagu.

"Dengan berkarya lewat musik, anak akan happy dan tidak terbebani. Biarkan anak-anak berkembang sesuai fantasinya dan menuangkan dalam tulisan serta karya musik," tandasnya. (esy/jpnn)

 


PALU--Psikolog Tika Wibisono menyatakan, anak Indonesia terkenal minder. Anak-anak condong menjadi pemalu, mudah takut, dan tidak percaya diri. "Anak-anak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News