Tim Putih Ekspedisi Maritim TNI AL Memulai Perjalanan dari Pontianak, Nih Rutenya

Tim Putih Ekspedisi Maritim TNI AL Memulai Perjalanan dari Pontianak, Nih Rutenya
Tim Putih ekspedisi maritim TNI AL pada 4 September 2023 memulai perjalanan dari Pontianak menuju Pakunegara Tayan hingga Kecamatan Satui-Balikpapan. Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Para prajurit jalasena melaksanakan ekspedisi maritim di Pulau Kalimantan pada tanggal 4-10 September 2023.

Ekspedisi dalam rangka menyambut HUT ke-78 TNI AL ini melewati dua rute berbeda, yaitu melalui jalur darat dan laut.

Kedua rute tersebut juga dimulai dari garis start yang berbeda, namun dengan finish yang sama yakni Ibu Kota Negara (IKN). Masing-masing rute memiliki tim yang berbeda, yakni Tim Merah dan Tim Putih.

Untuk Tim Putih diawali dari Pontianak dengan rute Pontianak-Pakunegara Tayan-Sandai-Batas Kota Kalbar-Pangakalan Bun-Banjarmasin-Kecamatan Satui-Balikpapan, dengan total jarak tempuh 1.270 Km jalur darat dan 250 nm jalur laut.

Untuk diketahui, Komandan Lantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Suharto melepas rute Tim Putih pada tanggal 4 September lalu.

Saat ini, tim telah sampai di etape ke-5, yakni Pangkalan Bun menuju Banjarmasin melalui jalur laut menggunakan KRI Layang-635.

Ekspedisi Maritim ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada generasi penerus dan juga masyarakat tentang negara maritim Indonesia sekaligus menggali potensi-potensi maritim yang ada serta jejak sejarahnya.

Dengan demikian, generasi penerus memiliki pola pikir peduli dan kembali ke laut.

Ekspedisi Maritim dalam rangka menyambut HUT ke-78 TNI AL ini melewati dua rute berbeda, yaitu melalui jalur darat dan laut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News