Tim Sukses Foke Lemah

Sulit Kejar 50 Persen Suara

Tim Sukses Foke Lemah
Tim Sukses Foke Lemah
BOLEH saja Fauzi Bowo selaku incumbent pede di Pilkada DKI 2012. Betapa tidak, pria yang akrab disapa Foke itu pernah menuai dukungan lebih 2 juta pemilih pada Pilkada 2007 silam. Hanya saja, kondisi pertarungan politik lokal cukup berbeda.

Lima tahun silam Foke mendapatkan dukungan dari seluruh parpol di DKI, kecuali PKS. Kini justru koalisi tersebut tidak lagi solid. Partai Golkar, PPP dan PDS mengusung pasangan Alex Noerdin-Nono Sampono. Bila terwujud, Foke akan diusung oleh Demokrat, PDIP, Hanura dan Gerindra. Sedangkan PKS sebagai parpol pemenang omor urut dua di Pemilu 2009, dimungkinkan mengusung calon gubernur tersendiri.

Modal dukungan pemilih yang dimiliki incumbent tidak cukup untuk mempertahankan tahta di kursi DKI 1. Sebab kemungkinan perubahan peta politik memungkinkan para pemilih mengalihkan dukungan ke calon gubernur lain. Peranan tim sukses menjadi salah satu faktor penentu kemenangan dalam pesta demokrasi tersebut.

Pengamat Politik Amir Hamzah menilai, tim sukses pasangan calon di Pilkada DKI 2012 dituntut bekerja secara maksimal. Sejauh pengamatannya, tim sukses incumbent belum bekerja secara maksimal. Sehingga berbagai perubahan masih bisa terjadi. Bukan tak mungkin, kelemahan tim sukses bisa menjadi penyebab incumbent mengalami kekalahan.

BOLEH saja Fauzi Bowo selaku incumbent pede di Pilkada DKI 2012. Betapa tidak, pria yang akrab disapa Foke itu pernah menuai dukungan lebih 2 juta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News