Tim Verifikatur Kementan Bikin Petani Bawang Putih Kian Nyaman

Tim Verifikatur Kementan Bikin Petani Bawang Putih Kian Nyaman
Ilustrasi petani bawang putih. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Plt Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikuktura Sukarman menegaskan, program swasembada bawang putih yang selama ini dicanangkan Kementerian Pertanian (Kementan) harus terus bergulir. Realisasi program tersebut bahkan ditempuh melalui tiga jalur.

"Kami menempuh melalui skema APBN, Swadaya Petani, dan Wajib Tanam bagi importir sebanyak lima persen dari pengajuan rekomendasi impor yang dilakukan," ujar Sukarman yang juga menjabat sebagai Direktur Perbenihan Hortikultura, Selasa (20/8).

Adapun terkait pengawalan wajib tanam dan produksi yang diberlakukan, pemerintah sudah menerapkan sistem monitoring berjenjang mulai dari penyuluh lapang, mantri tani, dinas pertanian kabupaten sampai tim verifikasi oleh jajaran pusat.

BACA JUGA: Kementan Ajak Petani Manfaatkan Asuransi Bersubdsidi: Jangan Tunggu Menyesal

"Kami tidak main-main dalam mengawal realisasi penanaman bawang putih oleh importir. Makanya kami bentuk tim verifikator untuk mengecek dan mendampingi di lapangan. Tim ini juga sudah kami beri pembekalan teknis dan character building supaya mereka bisa bekerja profesional, integritas dan jangan sampai ada yang offside," katanya.

Di samping itu, banyak pihak menyoroti peran verifikator lapang karena tugasnya langsung bersinggungan dengan realisasi penanaman lapang.

Pada saat yang sama, mereka juga harus melakukan pengawalan secara teknis dan administratif.

"Dalam melaksanakan tugasnya, tak jarang verifikator harus naik turun gunung karena lokasi penanaman yang terpencar-pencar meskipun masih dalam satu kelompoktani yang sama. Apalagi kepemilikan lahan petani bawang putih rata-rata kecil," katanya.

Plt Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikuktura Sukarman menegaskan, program swasembada bawang putih yang selama ini dicanangkan Kementerian Pertanian (Kementan) harus terus bergulir. Realisasi program tersebut bahkan ditempuh melalui tiga jalur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News