TIMIKA : Usung Gerakan 3 R

TIMIKA : Usung Gerakan 3 R
TIMIKA : Usung Gerakan 3 R
TIMIKA - Perusahaan tambang dan pasti perusak lingkungan Raksasa PT Freeport Indonesia (PT FI) juga tidak ingin ketinggalan dalam memperingati hari Bumi. Bagi Freeport tentu Bumi telah memberinya kekayaan yang melimpah karena itu harus dilestarikan keberadaannya. Dengan menggandeng Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Mimika, Dinas Pendidikan Dasar (Dispendas) Kabupaten Mimika dan PT. United Tractors, Tbk, serta Forum Komunikasi Guru Pendidikan Lingkungan Hidup (FKGPLH). Mereka menggelar aksi 3 (Tiga) R, Reduce, Reduse dan Recycle dengan thema “Selamatkan bumi dengan program 3R”.

Gerakan ini memang lebih terkesan seremonial yang melibatkan  siswa-siswi SD dan SMP se-Mimika. Acara dibuka oleh Yohanes Laurens mewakili Kepala BLH Mimika. Selain itu diadakan pemilihan 10 finalis peserta Alam Lestari Angkatan ke-4. Lomba 3R dan pameran diikuti 15 SD dan 15 SMP. Masing-masing sekolah memiliki tiga perwakilan pelajar dengan didampingi satu orang guru. Tiap sekolah memamerkan hasil kreativitas pelajarnya, yang dibuat dari berbagai jenis bahan bekas (sampah) setelah melalui proses 3R.

Hasil lomba 3R dan pameran dinilai oleh empat orang juri, yang terdiri dari Emilia Ubra, Sem Ohee, Pratita Puradyatmika dan Mareyke Rotty, S.Pd.  Juara satu lomba 3R dan pameran pada setiap tingkatan merebut piala bergilir. Untuk tingkat SD, keluar sebagai juara I lomba 3R dan pameran, yaitu SD YPJ Kuala Kencana, Juara II SD Yosua dan Juara III SD Inpres Nawaripi. Untuk tingkat SMP, Juara I SMP Kuala Tembagapura, Juara II SMP  Negeri 2 dan Juara III SMP Unggulan St. Maria.

Sebelum penentuan 10 besar peserta Alam Lestari angkatan ke-4, peserta kegiatan membawakan yel-yel serta menyanyikan lagu mars Alam Lestari. Acara selanjutnya perkenalan oleh setiap peserta.  Kemudian diumumkan 10 besar peserta Alam Lestari angkatan ke-4 dan pembagian hadiah kenang-kenangan bagi peserta. Berikutnya penyerahan hadian lomba 3R dan pameran.

TIMIKA - Perusahaan tambang dan pasti perusak lingkungan Raksasa PT Freeport Indonesia (PT FI) juga tidak ingin ketinggalan dalam memperingati hari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News