Tinggal 5 Tahun Subsidi BBM

Tinggal 5 Tahun Subsidi BBM
Tinggal 5 Tahun Subsidi BBM
JAKARTA – Pemerintah menyatakan serius untuk menghapuskan subsidi bahan bakar minyak (BBM). Rencananya kebijakan subsidi BBM bakal dihapuskan 5 tahun lagi. Jika ini jadi terealisasi, dipastikan subsidi BBM tak bisa lagi dinikmati sebebas seperti sekarang ini. 

Menteri Keuangan Agus Martowardojo dalam sambutan pembukaan Investor Summit and Capital Market Expo 2010 di Jakarta, Rabu (10/11) mengatakan, subsidi yang dimaksud adalah subsidi harga yang selama ini diberikan pemerintah untuk komoditas pertanian, listrik, dan BBM.

Sebagai gantinya, pemerintah akan mengubah subsidi harga menjadi subsidi terarah yang hanya menyasar masyarakat ekonomi lemah. “Subsidi terarah akan mulai dilakukan pada 1 Januari 2011,” kata Agus.

 

Pemerintah telah merancang penghentian subsidi harga untuk sektor pertanian berakhir pada tiga tahun mendatang. Selama ini pemerintah menerapkan subsidi harga pertanian di antaranya untuk bibit dan pupuk. Sedangkan, subsidi listrik, pemerintah menargetkan pemberian subsidi harga hanya sampai 4 tahun ke depan. Dan untuk subsidi BBM untuk premium dan solar akan berakhir pada 5 tahun mendatang.

JAKARTA – Pemerintah menyatakan serius untuk menghapuskan subsidi bahan bakar minyak (BBM). Rencananya kebijakan subsidi BBM bakal dihapuskan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News