Tingkatkan Daya Saing, Intel Beli Perusahaan Belanda

Tingkatkan Daya Saing, Intel Beli Perusahaan Belanda
Tingkatkan Daya Saing, Intel Beli Perusahaan Belanda
NEWYORK - Produsen processor terkemuka dunia, Intel menyetujui rencana pembelian 15 persen saham ASML Holding. Perusahaan pembuat semikonduktor Belanda bakal dibeli sahamnya dengan investasi senilai USD 4,1 miliar.

Menurut ketentuan kesepakatan itu, pertama-tama Intel akan membeli 10 persen saham perdana ASML senilai sekitar USD 2,1 miliar. Raksasa teknologi Amerika juga setuju membayar sekitar USD 1 miliar untuk membantu penelitian tambahan dana dan biaya pembangunan di ASML.

Investasi ini akan digunakan terutama untuk mempercepat pengenalan wafer semikonduktor chip yang lebih besar dan teknologi manufaktur terbaru yang dikenal sebagai litografi ultraviolet ekstrim.

Jika disetujui pemegang saham ASML, Intel kemudian akan membeli lima persen saham tambahan sebesar USD 1 miliar.

ASML, yang berbasis di Veldhoven di Belanda, sebelumnya mengatakan pihaknya berencana menjual 25 persen kepemilikannya untuk pembuat chip seperti Intel sebagai cara guna meningkatkan likuiditasnya.

NEWYORK - Produsen processor terkemuka dunia, Intel menyetujui rencana pembelian 15 persen saham ASML Holding. Perusahaan pembuat semikonduktor Belanda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News