Tips dari Ikatan Ahli Kesehatan Guna Tekan Penularan Virus Corona

Tips dari Ikatan Ahli Kesehatan Guna Tekan Penularan Virus Corona
Anak-anak memakai masker untuk mencegah penularan virus corona. Foto: REUTERS/Tyrone Siu/wsj/cfo

jpnn.com, JAKARTA - Syahrizal Syarif selaku Pengurus Pusat Bidang Politik Kesehatan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), berbagi tips guna menekan potensi penularan virus corona.

Menurut Syarif, penggunaan masker hingga rajin mencuci tangan adalah bagian dari upaya menghindari penularan virus tersebut.

“Penggunaan masker itu untuk menghindari kontak langsung, cuci tangan untuk menghindari penularan secara tidak langsung melalui benda-benda yang terkontaminasi," ujar Syahrizal di Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (3/3).

Syahrizal juga menerangkan, penggunaan masker harus pada saat dan oleh orang yang tepat. Masker harus digunakan bagi seseorang yang sedang sakit.

Ahli kesehatan dari Universitas Indonesia ini menambahkan, dalam kondisi seperti saat ini, banyak orang yang mungkin merasa tidak nyaman mendengar dan melihat seseorang yang batuk atau bersin, tetapi tidak menggunakan masker.

"Namun, bagi seseorang yang sehat, dalam situasi Indonesia seperti saat ini, saya kira belum perlu menggunakan masker," katanya.

Syahrizal mengatakan, cuci tangan cukup efektif mencegah kontak tidak langsung dengan virus. Cuci tangan harus menggunakan sabun, tidak masalah menggunakan sabun cair, sabun cuci tangan, maupun sabun batang.

"Cuci tangan juga bisa dengan 'hand sanitizer' atau alkohol. Untuk alkohol, lebih baik menggunakan yang berkadar 75 persen," tandas Syahrizal. (cuy/jpnn)

Syahrizal Syarif selaku Pengurus Pusat Bidang Politik Kesehatan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), berbagi tips guna menekan potensi penularan virus corona.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News