Tips Memilih Air Minum Berkualitas dari Ahli Kesehatan

Tips Memilih Air Minum Berkualitas dari Ahli Kesehatan
Tips dari ahli kesehatan untuk memilih air minum yang berkualitas untuk menjaga tubuh dan kesehatan anda. Foto: JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Ari Fahrial Syam mengatakan syarat air minum yang baik untuk di konsumsi adalah jernih, bersih, tidak memiliki bau, dan tidak memiliki rasa.

Air merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia agar bisa memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh untuk membantu kinerja organ tubuh adalah Air Minum Dalam Kemasan (AMDK).

Ahli Spesialis Penyakit Dalam itu menyebutkan ada dua jenis air, yakni murni atau demineral dan AMDK.

Dr. Charles Mayo dari Mayo Clinic menyampaikan air biasa mengandung mineral anorganik yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam buku berjudul “Your Water and Your Health” yang di tulis oleh Dr. Allan E. Bani menyebutkan mengkonsumsi air non-mineral memiliki manfaat yang lebih karena tidak adanya tambahan kadar mineral anorganik yang sudah menumpuk dalam tubuh dan memiliki peran untuk membersihkan mineral anorganik keluar dari tubuh.

"Tubuh manusia membutuhkan mineral organik yang didapat dari buah, sayur ataupun daging. Mineral anorganik justru akan membuat sel tubuh bekerja lebih berat," ujar Charles seperti dikutip di Jakarta, Rabu (1/2).

Oleh sebab itu, air minum yang tidak mengandung mineral atau hanya mengandung sedikit mineral akan lebih bermanfaat bagi tubuh.

"Air mineral dalam kemasan yang proses penyaringannya kurang baik akan mengandung beberapa bakteri serta zat yang berbahaya bagi tubuh," kata Charles.

Tips dari ahli kesehatan untuk memilih air minum yang berkualitas untuk menjaga tubuh dan kesehatan anda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News