Tips Mencegah Gigitan Nyamuk menjadi Gatal

Tips Mencegah Gigitan Nyamuk menjadi Gatal
ILUSTRASI. FOTO: Fox News

jpnn.com - Serangga kecil ini memang menjengkelkan jika sudah mulai muncul di rumah seperti tamu tak diundang. Suaranya yang mengganggu telinga dan gigitannya yang buat bentol kulit membuat sebagian besar orang menggunakan anti nyamuk untuk menghalau serangga ini.

Tapi terkadang sia-sia, nyamuk jauh lebih cerdik. Karena memiliki tubuh yang kecil, nyamuk mudah masuk melalui celah-celah rumah atau bersembunyi di dalam rumah di antara tumpukan barang atau baju kotor yang digantung.

Gigitan nyamuk bisa menimbulkan gatal, salah-salah jika digaruk kulit bisa terluka.

"Protein dalam air liur memicu reaksi alergi ringan dari sistem kekebalan tubuh Anda, yang mengarah ke peradangan dan gatal-gatal," kata dokter kulit medis dan kosmetik, Sapna Westley, M.D, seperti dilansir laman Fox News, Rabu (21/9).

Untuk mencegah gatal akibat gigitan nyamuk, ada beberapa tips ampuh dibawah ini.

1. Calamine lotion

Lotion permen karet berwarna yang terbuat dari seng oksida adalah garis pertama pertahanan untuk gigitan nyamuk ringan yang gatal.

Ketika lotion datang dalam kontak dengan kulit Anda, maka akan menciptakan sensasi dingin sementara mengurangi gatal dan ketidaknyamanan.

Serangga kecil ini memang menjengkelkan jika sudah mulai muncul di rumah seperti tamu tak diundang. Suaranya yang mengganggu telinga dan gigitannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News