Tito jadi Calon Kapolri, Begini Sikap Mabes Polri

Tito jadi Calon Kapolri, Begini Sikap Mabes Polri
Komjen Pol. Tito Karnavia. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengusulkan nama Komisaris Jenderal Tito Karnavian sebagai calon kapolri ke DPR.

Komjen Pol Tito Karnavian punya peluang besar menggeser posisi Kapolri Jenderal Badrodin Haiti yang akan masuk masa pensiun.

Padahal, Tito merupakan jenderal bintang tiga termuda yang dimiliki Polri. Dia lebih yunior dibanding  Wakapolri Komjen Budi Gunawan, Irwasum Komjen Dwi Priyatno, Kabaharkam Komjen Putut Eko Bayu Seno, Kepala BNN Komjen Budi Waseso, Kabaintelkam Komjen Noer Ali, Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto, Kalemdikpol Komjen Syarifuddin, dan Sekretaris Utama Lemhanas Suhardi Alius. 

Menanggapi itu, Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli mengaku, disodorkannya nama Tito sebagai calon kapolri oleh presiden, tidak akan mengganggu kinerja korps Bhayangkara.

"Insya Allah tidak ada masalah. Internal patuh dan loyal apa yang diputuskan presiden. Jadi keraguan itu tidak akan terjadi. Pasti roda organisasi akan berjalan normal setelah ada pergantian," kata Boy di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (15/6).

Menurut Boy, prinsipnya jajaran polri tetap menghormati keputusan Presiden Joko Widodo. Sebab, Polri hanyalah pembantu presiden dalam menjaga keamanan dan ketertiban nasional (kamtibnas).

"Pada prinsipnya Polri menghormati keputusan presiden untuk menentukan Kapolri. Jadi apabila sudah ditentukan seperti pemberitaan DPR RI terkait pengusulan Tito jadi Kapolri, kami menghormatinya dan kita sambut baik," tegas Boy.

Komjen Tito Karnavian merupakan alumnus Akademi Polisi (Akpol) 1987. Saat ini Tito menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT). Sebelum itu, Tito menduduki kursi Kapolda Metro Jaya.‎ (Mg4/jpnn)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengusulkan nama Komisaris Jenderal Tito Karnavian sebagai calon kapolri ke DPR. Komjen Pol Tito Karnavian punya peluang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News