Tito Jadi Calon Kapolri, Jokowi Kagetkan Bang Fahri

Tito Jadi Calon Kapolri, Jokowi Kagetkan Bang Fahri
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Komjen Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri ternyata membuat DPR kaget. Sebab, Tito paling muda di antara petinggi Polri berpangkat komjen.

Namun, Jokowi -sapaan Joko Widodo- ternyata menunjuk lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) 1987 itu sebagai satu-satunya calon Kapolri. "Kita di dewan cukup kaget dengan pilihan Pak Jokowi yang menunjuk Tito jadi calon tunggal Kapolri," kata Fahri, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Rabu (15/6).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu pun memiliki catatan tersendiri tentang Tito selama berkiprah sebagai polisi. Fahri pun menduga Jokowi memilih Tito karena tak mau timbul kontroversi.

"Saya sendiri memberi apresiasi kepada presiden karena memilih yang tidak ada kontroversinya. Di samping beliau jenderal bintang tiga termuda," tegasnya.

Fahri menambahkan, fakta itu merupakan isyarat yang baik dari Jokowi yang ingin mendorong percepatan reformasi dalam tubuh kepolisian. Karenanya, Fahri pun berharap Tito bisa meyakinkan DPR dalam fit and proper test.

“Tampaknya tidak ada halangan bagi Tito. Tinggal Pak Tito meyakinkan dewan bahwa dia bisa menjadi figur yang menyatukan diri seluruh elemen di kepolisian. Baik senior, junior sekalipun yang sudah pensiun," pungkasnya.(fas/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News