Tito: Kalau Apa-apa Menunggu dari Pusat Akan Lambat

Tito: Kalau Apa-apa Menunggu dari Pusat Akan Lambat
Dokumentasi - Mendagri Tito Karnavian. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengingatkan para kepala daerah untuk segera mencairkan anggaran bagi penanganan COVID-19.

Menurutnya, kepala daerah dapat memanfaatkan kapasitas keuangan pemerintah daerah (pemda) yang sudah ada untuk penanganan COVID-19, tanpa harus menunggu dari pemerintah pusat.

"Kalau apa-apa menunggu dari pusat saya kira akan lambat. Karena pusat memikirkan semua daerah. Daerah juga memiliki kapasitas keuangan yang bisa dimanfaatkan," ujar Mendagri dalam keterangan yang diterima Jumat (23/7).

Tito menyatakan hal tersebut saat mendampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam rapat pengarahan penanganan COVID-19 di Provinsi Jawa Barat melalui konferensi video dari Jakarta, Kamis (22/7) kemarin.

Menurutnya, beban pandemi COVID-19 yang sedang dialami seluruh daerah di Indonesia dapat ditanggung bersama antara pemerintah pusat dan daerah.

Pemda Jawa Barat juga dapat menggunakan anggaran daerah untuk penguatan kapasitas kesehatan dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Anggaran, baik untuk penguatan kapasitas kesehatan kemudian termasuk obat-obatan, ini sebetulnya dapat digunakan anggaran-anggaran dari daerah juga. Jadi bagi beban, sharing burden," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pihaknya telah melakukan evaluasi terkait penyerapan anggaran penanganan pandemi COVID-19.

Mendagri Tito Karnavian menyoroti sikap pemerintah daerah, dia sebut kalau semua menunggu dari pusat maka akan lambat.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News