TK Ketua MPR, Amandemen Kelima Terhambat

TK Ketua MPR, Amandemen Kelima Terhambat
TK Ketua MPR, Amandemen Kelima Terhambat

jpnn.com - JAKARTA - Skenario politik untuk mengusung suami Megawati Soekarnoputri, Taufiq Kiemas (TL) sebagai Ketua MPR RI periode 2009-2014 dinilai bakal kontraproduktif bagi pihak yang menginginkan amandemen kelima atas UUD 1945. Sebab, PDIP sebagai parpol tempat Taufik Kiemas berkiprah selama ini tidak menginginkan amandemen kelima.

Penilaian itu disampaikan pengamat hukum tata negara, Refly Harun, usai menghadiri sebuah diskusi di DPR RI, Kamis (27/8). Menurut Refly, selama ini PDIP tak hanya menghadang keinginan amandemen, bahkan cenderung untuk kembali ke naskah asli UUD 1945. “Jadi kalau Pak Taufiq Kiemas menjadi Ketua MPR, itu akan kontraproduktif dengan upaya agenda amandemen kelima UUD 1945,” kata Refly.

Karenanya, lanjut mantan wartawan ini, bisa saja upaya politik PDIP untuk menempatkan Taufiq Kiemas di kursi Ketua MPR itu mendapat ganjalan dari fraksi lain di MPR. "Peluang memang bisa saja ada, tetapi calon dari fraksi lainnya juga mempunyai peluang yang sama. Jadi belum tentu juga," imbuhnya.

Sedangkan politisi PDIP yang juga anggota FPDIP di DPR, Jakobus Kamarlo Mayong Padang justru berpendapat sebaliknya. Menurutnya, Taufiq Kiemas adalah orang yang sangat memahami konstitusi. "Kalau tidak paham Konstitusi, tidak mungkin Taufiq Kiemas diangkat menjadi Ketua Dewan Pertimbangan DPP PDIP," ulasnya.

Karenanya mantan wakil Sekjen PDIP yang lebih akrab disapa dengan nama Kobu itu menegaskan, PDIP akan bulat mendukung pencalonan Taufiq Kiemas sebagai calon Ketua MPR RI. "Untuk saat ini, Taufiq Kiemas adalah satu-satunya calon yang tepat dari PDIP untuk diusulkan menjadi Ketua MPR," ujar Kobu.

Dihubungi dalam kesempatan berbeda, Ketua DPP Golkar Priyo Budi Santoso menyatakan bahwa Golkar juga berniat menempatkan kadernya sebagai Ketua MPR. “Di Golkar banyak kader yang layak (menjadi Ketua MPR),” tandas Ketua Fraksi Golkar di DPR itu.

Disinggung soa pencalonan Taufiq Kiemas, Priyo menilai hal itu merupakan hak politik PDIP. Apalagi, kata Priyo, Taufiq Kiemas tercatat sebagai politisi senior PDIP. Namun Priyo enggan mengomentari soal peluang Taufik Kiemas.

"Yang pasti beliau adalah politisi senior  yang cukup dihormati. Tidak masalah kalau diusulkan jadi Ketua MPR. Tapi soal peluangnya, kita lihat saja nanti di paripurna MPR,” elaknya.(ara/jpnn)

JAKARTA - Skenario politik untuk mengusung suami Megawati Soekarnoputri, Taufiq Kiemas (TL) sebagai Ketua MPR RI periode 2009-2014 dinilai bakal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News