TNI AL Berhasil Gagalkan Penyelundupan Manusia, Kemnaker Beri Apresiasi

TNI AL Berhasil Gagalkan Penyelundupan Manusia, Kemnaker Beri Apresiasi
Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan (Binwasnaker) dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kemnaker Haiyani Rumondang. Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengapresiasi jajaran TNI Angkatan Laut (AL) yang berhasil menggagalkan penyelundupan manusia yang diduga akan dipekerjakan di Malaysia.

Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan (Binwasnaker) dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kemnaker Haiyani Rumondang, mengatakan, penyelundupan manusia merupakan perbuatan yang sangat tidak manusiawi dan termasuk kategori pelanggaran serius.

"Penyelundupan manusia jelas merupakan pelanggaran serius. Kemnaker tidak pernah ragu untuk menindak tegas pelaku penempatan PMI nonprosedural, baik yang dilakukan perorangan maupun korporasi," ucap Dirjen Haiyani di Jakarta (9/2).

Dia meminta semua kementerian, lembaga, dan pemda agar bersatu untuk turut mencegah dan memberantas penempatan CPMI/PMI secara nonprosedural. Terlebih dengan modus penyelundupan manusia yang sangat tidak manusiawi.

"Pemda sebagai garda terdepan dalam pelindungan PMI harus bersatu untuk mencegah dan menangani penempatan PMI secara nonprosedural," ucapnya.

Dia menyatakan, pihaknya mendorong kasus ini agar dapat ditangani secara komprehensif dan diusut tuntas siapa pun yang terlibat dengan memaksimalkan koordinasi dengan stakeholder terkait.

Menurut dia, daerah perbatasan seperti perairan Tanjung Balai Asahan, Dumai, Nunukan, Tanjung Balai Karimun, perairan Tanjung Pinang, dan Entikong harus mendapat perhatian serius dari semua pihak.

Hal itu dilakukan untuk mencegah penempatan PMI secara nonprosedural, termasuk modus penyelundupan manusia.

Kemnaker mengapresiasi jajaran TNI Angkatan Laut yang berhasil menggagalkan penyelundupan manusia yang diduga akan dipekerjakan di Malaysia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News