TNI AL Kirim Kapal Perang Rumah Sakit

TNI AL Kirim Kapal Perang Rumah Sakit
TNI AL Kirim Kapal Perang Rumah Sakit

jpnn.com - JAKARTA--Mabes TNI Angkatan Laut menggelar operasi Surya Bhaskara Jaya. Operasi militer selain perang itu menyasar empat wilayah terpencil di provinsi Nusa Tenggara Timur. Yakni,  Lembata, Sikka, Waingapu, dan Labuhan Bajo.

"Saat ini KRI dr Soeharso-990 sedang menembus gelombang pasang. Ombaknya cukup tinggi menuju lokasi," ujar komandan satgas Kolonel Bambang Hullianto pada Jawa Pos kemarin (30/08).  Kapal itu akan sandar di NTT sampai pertengahan September mendatang.

Perwira menengah marinir itu menjelaskan, KRI dr Soeharso didukung tiga kapal perang yang lain yakni  KRI Banda Aceh, KRI Makassar dan KRI Surabaya. "Kapal akan memberi pelayanan kesehatan secara gratis," jelasnya.

Operasi ini juga bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan BKKBN. " Kapal berangkat sejak 28 Agustus dari Tanjung Priok, ini masih dalam perjalanan, kita pantau terus," katanya.      

Kapal ini berbobot 11.394 ton kosong dan 16.000 ton berisi penuh. Kapal sepanjang 122 meter, lebar 22 meter, dan draft 6,7 meter ini mempunyai geladak yang panjang dan luas sehingga mampu mengoperasikan dua buah helikopter sekelas Super puma sekaligus.     

Kapal ini juga dilengkapi sebuah hanggar untuk menampung helikopter satu lagi dan juga melakukan perawatan terhadap helikopter. Sebagai kapal rumah sakit, telah disediakan  ruangan UGD, tiga  ruang bedah, enam  ruang poliklinik,  dan dua ruang perawatan dengan kapasitas masing-masing 20 tempat tidur.     

Kapal ini memiliki 75 anak buah kapal (ABK), 65 staf medis dan mampu menampung 40 pasien rawat inap. Jika dalam keadaan darurat, KRI dr Soeharso juga dapat menampung 400 pasukan dan 3000 penumpang. (rdl)


JAKARTA--Mabes TNI Angkatan Laut menggelar operasi Surya Bhaskara Jaya. Operasi militer selain perang itu menyasar empat wilayah terpencil di provinsi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News