Tok, Penyuap Rektor Unila Divonis 1 Tahun 4 Bulan

Tok, Penyuap Rektor Unila Divonis 1 Tahun 4 Bulan
Sidang putusan Andi Desfiandi terkait suap mantan Rektor Unila Karomani. Bandarlampung, Rabu, (18/1/2023). Foto: ANTARA/HO-Damiri

jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Majelis Hakim memvonis Andi Desfiandi penyuap mantan rektor Universitas Lampung (Unila) dengan hukuman kurungan penjara selama satu tahun dan empat bulan atau 16 bulan.

Terdakwa Andi Desfiandi terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah turut serta melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dalam dakwaan alternatif kedua penuntut umum.

"Menjatuhkan hukuman satu tahun dan empat bulan kurungan penjara, kepada terdakwa," kata Ketua Majelis Hakim Veronika saat membacakan putusan di Pengadilan Negeri Tanjungkarang Kelas I Bandar Lampung, Rabu.

Andi Desfiandi didakwa memberi suap dalam perkara dugaan suap terhadap Rektor Unila (nonaktif) Prof Dr Karomani atas penerimaan mahasiswa baru (PMB) di Unila Tahun 2022.

Selain dijatuhi hukuman kurungan penjara, terdakwa Andi Desfiandi juga dikenakan denda sebesar Rp 150 juta, subsider tiga bulan kurungan penjara.

Hal yang memberatkan atas vonis terdakwa Andi Desfiandi, sebab perbuatannya tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

Perbuatan terdakwa telah mencederai para calon mahasiswa Universitas Lampung yang telah bersungguh-sungguh melalui tahapan seleksi dengan jujur.

"Sedangkan hal yang meringankan terdakwa, yakni yang bersangkutan belum pernah dihukum. Terdakwa juga menyesali perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya, kemudian, bersikap sopan selama dalam persidangan dan berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat," kata dia.

Majelis Hakim memvonis Andi Desfiandi penyuap mantan rektor Universitas Lampung (Unila) dengan hukuman kurungan penjara selama satu tahun dan empat bulan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News