Tolak Sri Mulyani, PDIP dan Hanura Walkout

Tolak Sri Mulyani, PDIP dan Hanura Walkout
Tolak Sri Mulyani, PDIP dan Hanura Walkout
JAKARTA— Kehadiran Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dalam paripurna membahas APBN-P 2010, Senin (3/5) kembali mendapat penolakan dari beberapa fraksi di DPR RI. Sebab, Sri Mulyani merupakan orang yang paling bertanggung jawab dalam bailout Bank Century senilai Rp6,7 triliun yang diputuskan DPR RI sebagai kebijakan sarat masalah.

Begitu pimpinan sidang, Anis Matta membuka rapat paripurna, hujan interupsi langsung datang. Adalah Eric Wardhana yang pertama kali mengkritisi kedatangan Sri Mulyani. Eric mengatakan, sejak awal saat membahas APBN-P di Komisi, kedatangan Sri Mulyani mewakili pemerintah telah ditolak oleh Fraksi Hanura. Atas nama konsistensi terhadap keputusan Paripurna Century sebelumnya, Eric pun meminta ketegasan dari pimpinan paripurna untuk mengklarifikasi kedatangan Sri Mulyani.

Setelah Eric, hujan interupsi tak mereda. Selain dari Hanura, anggota Fraksi PDIP pun ramai-ramai menolak kedatangan Sri Mulyani. Dolffy, salah seorang wakil PDIP menyatakan bahwa kedatangan Sri Mulyani semakin memperjelas bahwa pemerintah tidak menghargai dan menghormati legislatif yang melalui rapat paripurna sebelumnya telah jelas meminta pertanggungjawab Sri Mulyani.

Namun di lain pihak, ada juga beberapa interupsi yang membela kedatangan Sri Mulyani. Rohut Sitompul dari Fraksi Demokrat, dengan tegas meminta kepada anggota dewan untuk menghargai kedatangan Sri Mulyani. Karena bagaimanapun, Paripurna Century bukanlah lembaga untuk menghukum melainkan bertugas untuk memberikan rekomendasi.

JAKARTA— Kehadiran Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dalam paripurna membahas APBN-P 2010, Senin (3/5) kembali mendapat penolakan dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News