Tongkang yang Melintas di Sungai Musi Bakal Ditarik Retribusi

Tongkang yang Melintas di Sungai Musi Bakal Ditarik Retribusi
Tongkang melintas di perairan Sungai Musi. Foto: Cuci Hati/JPNN.com.

jpnn.com, PALEMBANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan menarik restribusi  Tongkang dan kapal yang melintas di Dermaga 7 Ulu.

Hal ini menyusul setelah pengelolaan diserahkan ke Pemkot dari tanggung jawab Kementrian Perhubungan (Kemenhub).

"Dermaga Plaza di 7 Ulu Palembang sudah dioperasikan, serah terima dokumen resmi dari Kemenhub terkait pinjam pakai sementara juga sudah selesai, dalam waktu dekat Tongkang akan ditarik retribusi," ungkap Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Ratu Dewa, Rabu (6/3).

Kata Dewa, selama ini kapal Tongkang juga tidak punya kontribusi ke Pemkot atau tidak menambah PAD (Pendapatan Asli Daerah) Palembang.

"Kami juga akan menarik retribusi kapal-kapal yang melintas," kata Dewa.

Sebelumnya terang Dewa,  retribusi transportasi perairan belum diterapkan karena masih terkendala revisi Peraturan Daerah (Perda) dan perlu koordinasi dengan lintas kementerian. Padahal, Perda tersebut sudah pernah dibahas. Namun, belum optimal.

"Sebenarnya sudah dibuat (perda retribusi) untuk menambah PAD. Namun, perda itu masih direvisi sehingga belum bisa diterapkan. Sekarang serah terima sudah ke Pemkot dan kami segera merevisi perda untuk perlintasan tongkang dengan dibantu DPR RI Komisi V," terang Dewa.

Pantauan di lokasi, Dermaga 7 Ulu Palembang sudah ada beberapa kapal besar dan perahu ketek yang mulai mengisi barang dan menerima penumpang.

Tongkang dan kapal yang melintas di Dermaga 7 Ulu akan ditarik retribusi oleh Pemkot Palembang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News