Toyota Bangun Pabrik Senilai Rp2,3 Tiliun

Toyota Bangun Pabrik Senilai Rp2,3 Tiliun
Toyota Bangun Pabrik Senilai Rp2,3 Tiliun

jpnn.com - KARAWANG - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) melakukan pemancangan tiang pertama (ground breaking) pembangunan pabrik mesin kedua di Indonesia.

Pabrik mesin Karawang (Karawang Estate Plant) berlokasi di kawasan Karawang Jabar Industrial Estate (KJIE), Karawang Barat.

Pemancangan itu dihadiri Menteri Perindrustrian, M S Hidayat, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Mahendra Siregar, Dubes Jepang untuk Indonesia, Ushio Shigeru, Managing Officer Toyota Motor Corporation dan Presiden Komisaris TMMIN & TAM (Toyota-Astra Motor), Hiroyuki Fukui, Selasa, (25/2).

Presiden Direktur TMMIN, Masahiro Nonami mengatakan, pabrik dengan nilai investasi sebesar Rp2,3 triliun dan ditahap awal akan menyerap lebih dari 600 tenaga kerja baru ini, memiliki  kapasitas produksi 216.000 per tahun.

“Pembangunan pabrik baru ini adalah wujud komitmen untuk terus-menerus memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui peningkatkan aktivitas produksi, pendalaman industri otomotif, ekspor, distribusi dan layanan pelanggan di Indonesia. Selain itu Toyota juga selalu mengembangkan produk-produk yang melebihi ekspektasi pelanggan seiring dengan semangat untuk berkontribusi secara signifikan dalam pengembangan industri otomotif Indonesia,” kata Masahiro.

Untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam meningkatkan penggunaan komponen lokal, Toyota mendirikan sebuah pabrik mesin di tahun 1982 yang berlokasi di area Sunter Jakarta. Pabrik ini memproduksi mesin 5K dengan tingkat kandungan lokal sebesar 12 persen yang digunakan oleh model Kijang Generasi Pertama.

Sesuai dengan perkembangan model Kijang, kinerja mesin berbasis metal ini juga terus ditingkatkan. Penyempurnaan mesin 5K menghasilkan mesin seri 7K dengan tingkat kandungan lokal sebesar 25 persen yang digunakan Kijang Kapsul atau Kijang Generasi ke IV.

Sejalan dengan peluncuran proyek IMV di tahun 2004, Toyota Indonesia dipercaya menjadi basis produksi model tersebut termasuk basis produksi mesin bensin tipe TR. Mesin tipe TR ini menjadi andalan bagi Toyota seperti Kijang Innova, Fortuner dan juga Hilux.

KARAWANG - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) melakukan pemancangan tiang pertama (ground breaking) pembangunan pabrik mesin kedua di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News