TPF Tutup Peluang Impeachment

TPF Tutup Peluang Impeachment
TPF Tutup Peluang Impeachment
JAKARTA -- Pakar Hukum Tata Negara, Margareto, menilai, situasi meresahkan dengan munculnya demonstrasi yang terjadi di hampir seluruh daerah yang menolak kriminalisasi petinggi KPK, sudah mengarah pada terganggunya stabilitas negara. Kondisi seperti ini, katanya, bisa dijadikan alasan untuk melakukan impeachment kepada presiden. Karena presiden yang punya tanggung jawab dan memiliki kewajiban konstitusional menyelenggarakan pemerintahan secara benar.

Namun, kata Margareto, celah bagi impeachment itu sudah tertutup dengan pembentukan Tim Pencari Fakta (TPF) yang dipimpin Adnan Buyung Nasution. Pembentukan TPF itu sudah dinilai publik sebagai respon presiden menyikapi  tuntutan masyarakat yang terusik rasa keadilannya.

"Dengan situasi sekarang ini beliau (presiden red.) bisa dinilai care dan ingin menangani masalah ini dengan membentuk TPF itu," kata Margareto  pada dialog kenegaraan di press room DPD, Senayan,Jakarta, Rabu (4/11).

Namun,katanya, celah impeachment bisa muncul lagi bila kekuatan koalisi pecah. "Kalau situasi ini terus membesar, bukan tidak mungkin koalisi akan pecah karena partai yang berkoalisi itu tidak mau mengerdilkan dirinya pada situasi bangsa yang menuntut mereka harus bekerja. Kalau mereka mau berada di belakang rakyat, maka impeachmet tentu berada di depan mata," pungkasnya. (awa/JPNN)

JAKARTA -- Pakar Hukum Tata Negara, Margareto, menilai, situasi meresahkan dengan munculnya demonstrasi yang terjadi di hampir seluruh daerah yang


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News