Transportasi Eropa Mulai Normal, Heathrow Terganggu

Transportasi Eropa Mulai Normal, Heathrow Terganggu
Transportasi Eropa Mulai Normal, Heathrow Terganggu
LONDON - Jadwal penerbangan dan kereta cepat lintas negara di Eropa berangsur normal. Kemarin (22/12) sebagian besar maskapai penerbangan sudah kembali mengoperasikan armadanya. Kecuali, otoritas Bandara Internasional Heathrow di London masih harus bergelut dengan salju tebal.

"Hari ini (kemarin) dua landasan pacu yang semula terpaksa ditutup karena salju tebal mulai dibuka. Tapi, jadwal penerbangan masih terganggu," terang Jubir Otoritas Bandara-Bandara Inggris (BAA) sebagaimana dikutip BBC. Hujan salju yang terus mengguyur bandara terbesar Inggris tersebut memaksa maskapai British Airways hanya mengoperasikan sepertiga jadwal penerbangannya. Kondisi itu akan bertahan hingga pukul 06.00 Kamis waktu setempat.

Belum normalnya lalu lintas udara di Bandara Heathrow juga memengaruhi jadwal penerbangan di bandara-bandara Eropa belahan utara. Padahal, jika dibandingkan dengan wilayah selatan, temperatur di Eropa Utara relatif lebih hangat dan stabil. Kondisi landasan pacu di hampir seluruh bandara di sana pun tetap normal. Sama sekali tidak beku. Tetapi, karena tersendatnya jadwal penerbangan di Heathrow, bandara-bandara di Eropa Utara pun tidak bisa beroperasi dengan normal.

Kemarin Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron juga mengeluhkan timbunan salju yang melumpuhkan Heathrow. Dia bahkan mengaku frustrasi karena bandara paling sibuk keempat di dunia itu tak kunjung beroperasi normal. "Kita memang harus memaklumi ditutupnya Heathrow untuk sementara waktu. Tapi, saya mulai khawatir karena setelah sekian lama situasinya tak juga membaik," paparnya, mewakili para penumpang yang terpaksa menginap beberapa malam di bandara.

LONDON - Jadwal penerbangan dan kereta cepat lintas negara di Eropa berangsur normal. Kemarin (22/12) sebagian besar maskapai penerbangan sudah kembali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News